Senator Muda Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief menaruh ekspektasi pembangunan jalan nasional ruas jalan Tapan – Batas Bengkulu dapat memberikan manfaat kepada warga pada Ramadan tahun 1441 hijriah.

“Ini merupakan salah satu proyek strategis Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) tahun 2020. Ramadan ini mudah-mudahan seluruh jalan yang hendak dilalui pemudik sudah bisa dimanfaatkan. Jadi arus mudik tahun ini bisa berjalan lancar,” harap Riri Damayanti, Kamis (12/3/2020).

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini menekankan, perbaikan ruas jalan Tapan – Batas Bengkulu ini penting untuk menghindari kecelakaan dan akibat negatif lainnya.

“Jalan mulus ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk menunjang kehidupan ekonominya. Banyak kerugian kalau tetap dibiarkan rusak seperti waktu tempuh akan menjadi panjang dan lain sebagainya,” ucap Riri Damayanti.

Sebelum digarap, pada ruas jalan Tapan – Batas Bengkulu sepanjang 39,27 km terdapat banyak lobang, lebar beberapa titik ruas jalan masih belum memenuhi standar nasional, drainase yang buruk menimbulkan genangan air dijalan jika curah hujan cukup tinggi, serta aspal lama telah banyak yang mengelupas.

“Di Bengkulu populasi urang awak di Bengkulu cukup banyak. Saya termasuk punya darah dari Minang juga. Jadi program ini sudah tepat dan patut diapresiasi. Semoga pada tahun-tahun berikutnya Bengkulu mendapatkan lebih banyak proyek strategis nasional dari Kementerian PUPR,” demikian Riri Damayanti.

Untuk diketahui, pembangunan jalan nasional ruas jalan Tapan – Batas Bengkulu merupakan target prioritas Tahun Anggaran 2020 Bidang Bina Marga Kementerian PUPR RI yang dialokasikan dengan total keseluruhan anggaran Rp2,04 triliun.

Proyek tersebut masuk dalam kategori pelebaran jalan menuju standar sepanjang lajur 205 kilometer dua ruas jalan untuk Pulau Jawa, dua ruas jalan untuk Pulau Sulawesi, sementara Sumatera dan Kalimantan masing-masing satu ruas jalan.

Sebelumnya terlansir, kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Senator Muda Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief meminta agar Kementerian PUPR dapat memberikan bantuan rumah nelayan yang terkena abrasi di Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa.

Selain itu, ia juga berharap Kementerian PUPR dapat memberikan anggaran relokasi rumah masyarakat Desa Genting Kecamatan Bang Haji Bengkulu Tengah pasca banjir dan longsor tahun lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan respon baik terhadap usulan-usulan tersebut. [Muhammad Qolbi]