Pedomanbengkulu.com, Seluma – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seluma Irihadi, meminta kepada seluruh mantan kepala desa, untuk segera mengembalikan aset negara berupa mobil dinas. Irihadi menyatakan, kepala desa tidak boleh menahan ataupun memiliki mobil dinas tersebut, karena merupakan aset yang dibeli menggunakan uang negara.

Irihadi mengatakan, mobil desa harus dimanfaatkan sebagaimana mestinya, yakni untuk kepentingan desa, ataupun menunjang pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

Sementara itu Irihadi juga menegaskan tidak ada aturan kepala desa meminta penggantian biaya atas biaya penggunaan dan perawatan mobil dinas selama dipakai.

“Tidak bisa seperti itu, kalau setiap orang secara pribadi meminta klaim atas aset negara, bisa runtuh negara ini. Ada aturannya ada penegakan hukum,” jelas Irihadi, Minggu (8/3/2020).

Sementara itu bila masih terdapat mantan kepala desa yang masih menolak untuk mengembalikan kendaraan, maka pihaknya akan melakukan tindakan tegas.

“Silakan desa melaporkan ke PMD, nanti dikordinasikan, Satpol PP (yang akan melalukan penarikan,” jelas Irihadi.

Adapun sejumlah desa di Kabupaten Seluma, baru saja melakukan pemilihan kepala desa pada November 2019 lalu, dan hasilnya beberapa desa mendapat kepala Desa yang baru mengalahkan calon kades petahana. [IT2006]