Ilustrasi

Wabah virus Corona yang telah ditetapkan sebagai pandemi dunia, saat ini tengah menjadi pembicaraan publik.

Pasalnya, jumlah kasus masih terus bertambah. Pada Sabtu (21/03/2020), Indonesia telah melaporkan adanya tambahan kasus baru sebanyak 81 orang sehingga total kasus positif virus corona mencapai 450 kasus.

Sementara, pasien yang meninggal sebanyak 38 orang, sembuh 20 orang.

Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi wabah virus corona yang sedang melanda saat ini adalah dengan menghimbau masyarakat untuk tinggal di rumah selama 14 hari atau 2 minggu. Cara ini dipercaya dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Dengan tetap tinggal di rumah, secara otomatis kita tidak berinteraksi atau bertemu dengan orang banyak yang mana hal tersebut dapat menjadi cara bagi virus untuk menyebar.

Untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, berbagai perusahaan dan lembaga pun menerapkan sistem working from home, belajar dari rumah dan beribadah di rumah sampai kondisi kembali kondusif.

Namun, karantina diri di rumah bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar orang, apalagi orang-orang yang sehari-harinya memang terbiasa aktif dan punya tingkat mobilitas yang tinggi.

Karena itu, penting sekali di masa-masa seperti sekarang ini untuk menjaga pikiran tetap positif agar terhindar dari stres. Berikut  ini tips-tipsnya:

1. Fokus pada manfaat karantina

Selalu ingat bahwa dengan mengkarantina diri di rumah, kamu melakukan bagianmu untuk menjaga orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan komunitas dari risiko penyebaran COVID-19. Dengan demikian, kamu pun juga ikut andil dalam meredakan wabah virus corona yang sedang berlangsung di Indonesia.

2. Menyaring Informasi yang akurat

Ahli Kesehatan Jiwa dr. Dharmawan AP, SpKJ mengatakan, salah satu yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecemasan dan kekhawatiran karena virus corona adalah menyaring informasi.

Menurutnya, perlu untuk membatasi menonton, membaca dan mendengarkan informasi yang berlebihan yang bisa menambah kecemasan.

Ia mengingatkan kepada masyarakat bahwa jika seseorang diliputi rasa cemas hal itu bisa memicu turunnya imunitas.

Padahal, imunitas atau daya tahan tubuh adalah salah satu hal yang penting untuk dijaga agar seseorang tidak sakit.

Pakar Promosi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, dr. Fatwa Sari Tetra Dewi menjelaskan langkah penting lain untuk menekan stres, bingung, serta takut menghadapi Covid-19 adalah dengan memfilter bacaan maupun tontonan.

Kumpulkan informasi yang akurat supaya dapat membantu dalam mengambil tindakan pencegahan melalui sumber kredibel dan terpercaya seperti WHO, Center for Disease Control (CDC), dan Kementerian Kesehatan RI.

3. Tetap Berhubungan dengan kerabat

Memberi kabar atau menghubungi kerabat merupakan salah satu cara untuk meredakan stres.

Dokter Gina Anindyajat yang merupakan spesialis kejiwaan meminta agar Anda untuk tetap berbicara dengan orang yang dipercaya. Hubungi juga teman atau keluarga, meski sedang berada dalam situasi tertentu seperti karantina atau social distancing.

“Tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman melalui email, panggilan telepon dan memanfaatkan platform media sosial,” kata spesialis kejiwaan itu.

4. Tetap lakukan kegiatan rutinitas

Ada baiknya juga kamu tetap mempertahankan rutinitas harian kamu sama sebelum wabah ini terjadi. Misalnya, bangun pada jam yang sama seperti biasanya kamu bangun, makan pada jam yang sama, rutin berolahraga, dan pertahankan kebiasaan hidup sehat yang selama ini kamu miliki.

Dengan kata lain, kamu tetap melakukan rutinitas harian kamu sama seperti hari-hari biasa sebelumnya, hanya saja kali ini kamu melakukannya di rumah. Menerapkan gaya hidup tidak sehat malah dapat berpengaruh buruk pada kesehatan kamu dan meningkatkan risiko untuk mengalami stres.

5. Melakukan Kegiatan Keagamaan

Salah satu cara untuk menghindari stress ialah dengan melakukan kegiatan keagamaan. Di lihat dari ajaran Agama Islam, melakukan kegiatan seperti memperbanyak sholat dan menghafal Al-Qur’an merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat selain bagi kehidupan dunia maupun akhirat.

6. Menjaga pola makan sehat

Pola makan yang sehat selain mengurangi stress juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dengan menjaga sistem imun, maka tubuh akan tetap terjaga dari serangan virus. Memakan buah-buahan, sayuran serta memperbanyak minum air putih adalah pilihan yang tepat untuk tetap sehat meski sedang melakukan kegiatan dirumah.

Dengan melakukan beberapa tips tersebut, diharapkan dapat mengurangi stres akibat sosial distancing. Selain itu dapat membantu pemerintah dan lingkungan untuk mengurangi dampak wabah pandemi dunia agar tidak semakin meluas. [Suci Kusuma]