Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Utara – Menindaklanjuti kasus penipuan penggandaan uang oleh tersangka Harso beberapa bulan lalu yang telah diamankan Sat Reskrim Polres Bengkulu Utara. Dalam pengembangan kasus tersebut, Sat Reskrim Bengkulu Utara juga meringkus pasangan suami istri yang termasuk ke dalam kelompok penipuan berkedok penggandaan uang tersebut.

Pada press rilis yang diadakan Sat Reskrim Polres Bengkulu Utara, Kasat Reskrim AKP Jerry A Nainggolan, menjelaskan kedua pelaku Prabu (54) dan Rita (45) warga Kelurahan Kesambe Baru Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong yang merupakan pasangan suami istri ini menjadi tersangka karena telah membantu Harso melancarkan aksinya. Pasangan suami istri bertugas meyakinkan korban bahwa tersangka Harso dan Tato (DPO) dapat menggandakan uang.

“Mereka bertugas merayu korban agar mau menggandakan uang melalui ritual kepada tersangka Harso dengan menunjukkan video orang tidur di atas tumpukan uang,” ungkap Kasat, Kamis (19/3/2020).

Tersangka bersama barang bukti telah diamankan Sat Reskrim Polres Bengkulu Utara, karena perbuatannya tersebut pasangan suami istri dijerat dengan Pasal 378 sub Pasal 372 jo 55 KUH Pidana tentang turut serta melakukan penipuan dan atau penggelapan dengan ancaman maksimal empat tahun penjara.

“Alat bukti berupa buku dua buah handphone dan beberapa slip transaksi telah kita amankan dan pelaku terancam maksimal empat tahun penjara,” pungkasnya. [Sugeng]