Pedomanbengkulu.com, Seluma – Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk wilayah Kabupaten Seluma akhirnya diputuskan ditunda. Ini sejalan dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, yang membatalkan beberapa tahapan Pilkada 2020. Pelantikan sedianya dilakukan hari ini Minggu (22/3/2020).

Penundaan ini juga merupakan imbas dari pandemi Covid-19, di sejumlah wilayah di Indonesia. Pelantikan yang merupakan kegiatan mengumpulkan banyak orang, dikawatirkan dapat menjadi kesempatan virus corona menyebar.

“Karena sedang dalam situasi darurat akibat wabah Covid-19, dan setelah kami koordinasikan dengan pemerintah daerah dan Kepolisian, maka kami putuskan untuk menunda tahapan pelantikan PPS terpilih,” jelas Ketua KPU Kabupaten Seluma, Sarjan Effendi.

Ditambahkan Sarjan, belum diketahui sampai kapan penundaan pelantikan PPS akan dilakukan, dan kapan jadwal baru pelantikan.

“Sampai saat ini belum ditentukan sampai kapan penundaan pelantikan,” jelas Sarjan.

KPU berharap pandemi Covid-19 dapat segera berakhir, dan kegiatan pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat kembali pulih, sehingga tahapan Pilkada 2020 bisa kembali dilanjutkan.

“Kami berharap kondisi ini tidak berlangsung lama, dan dapat segera pulih. Ini berdampak ke semua aspek, termasuk pelaksanaan Pilkada 2020 sendiri” jelas Sarjan.

Adapun sebelum menunda pelantikan PPS, KPU sempat mengambil pilihan untuk memecah lokasi pelantikan PPS, dengan dibagi sesuai daerah pemilihan.

“Lima orang komisioner akan melantik PPS sesuai empat dapil di Seluma. Ini dilakukan sesuai edaran Bupati, yang melarang pelantikan dalam jumlah massa yang banyak” jelas Komisioner KPU Kabupaten Seluma, Edi Anzori (19/3/2020).[IT2006]