Achmad Yurianto/foto www.medcom.id

Pasien positif corona di Indonesia bertambah menjadi 117 orang. Hal tersebut disampaikan oleh Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Covid-19 Achmad Yurianto menyebut, jumlah orang dengan positif Corona di Indonesia bertambah menjadi 117 orang dari hari sebelumnya 96 orang.

“Per hari ini dari lab yang saya terima pagi ya, hari ini kita dapatkan 21 kasus baru di mana 19 di antaranya di Jakarta, 2 di Jawa Tengah,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona, Achmad Yurianto, dilansir dari detik, Jakarta, Minggu (15/3).

Untuk mencegah penyebaran virus covid-19, Yuri mengimbau agar Pemerintah Daerah meliburkan sekolah. Ia pun meminta apabila sekolah diliburkan tidak untuk rekreasi, melainkan membatasi interaksi sosial di rumah.

“Tolong jangan libur untuk rekreasi. Mari sama-sama untuk mengurangi penyebaran,” pinta Yuri.

Selain itu, Yuri menambahkan bahwa Masryarakat harus mulai berupaya untuk menahan diri. Jangan panik, namun tetap berupaya mencegah penularan.

“Tidak perlu bertemu dengan orang banyak membicarakan sesuatu yang tidak penting ya gak usah,” kata Yuri.

Terkait hal tersebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meminta para menterinya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). Hal ini dilakukan usai Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif corona.

“Pagi ini telah dilakukan pengetesan (virus corona) untuk para menteri. Hasilnya ditanyakan ke Menteri Kesehatan,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).

Budi Karya dikonfirmasi menjadi pasien ke-76 virus corona. Budi Karya saat ini masih diisolasi dan menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat.

Salah satu langkah pencegahan dari Pemerintah ialah dengan meliburkan sekolah, namun masyarakat pun harus lebih menahan diri untuk tidak pergi ketempat ramai, mengingat penyebaran virus covid-19 sudah semakin meluas.

Selain itu dalam menghadapi wabah pandemik ini, diperlukannya sikap tenang, dan waspada dengan menjaga kebersihan serta kesehatan diri ataupun lingkungan. [Suci Kusuma]