Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong saat ini tengah melakukan pemantauan terhadap satu orang warga Rejang Lebong yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) wabah pandemi Covid-19.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir mengatakan, satu ODP tersebut merupakan seorang wanita berusia 50 tahun ke atas, yang sebelumnya sempat dirujuk ke Bengkulu lantaran mengalami gejala sesak napas.

“Ada satu ODP yang saat ini dalam pemantauan kami, sebelumnya dirujuk ke Bengkulu karena mengalami gejala sesak napas, setelah dilakukan screening yang bersangkutan diperbolehkan pulang,” kata Syamsir.

Disampaikan Kadinkes, warga yang ditetapkan sebagai ODP tersebut sebelumnya melakukan pemeriksaan diri ke RSUD Curup, guna memastikan gejala yang dialaminya. Karena yang bersangkutan mengalami sesak nafas dan dari keterangan petugas medis, sebelumnya juga ia pernah berkunjung ke DKI Jakarta yang telah terpapar Virus Corona.

“Kita langsung bawa ke ruang isolasi karena Ia mengalami sesak nafas dan saat ditanya riwayatnya oleh petugas, yang bersangkutan mengatakan jika baru pulang dari Jakarta 9 hari yang lalu. untuk itu kita tetapkan ODP dan dilakukan pemantuan selama 14 hari,” paparnya.

Ditambahkan Syamsir, warga yang dinyatakan ODP ini, melakukan isolasi mandiri di rumahnya dan mendapat pemantauan dari petugas Dinas Kesehatan terdekat.

Dalam kesempatan itu Syamsir juga menghimbau kepada masyarakat maupun pejabat di daerah itu agar yang baru pulang dari luar daerah untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, guna mengantisipasi penyebaran wabah pandemi Covid-19.

” Walaupun tidak memiliki gejala sakit sepulang dari daerah terpapar, kita himbau agar terlebih dahulu melapor kepada petugas kesehatan di tempat tinggalnya dan menjalankan isolasi mandiri. Ini untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran,” tutup Syamsir. [Julkifli Sembiring]