Murid SDN 77 Kota Bengkulu, Dewa One Pratama, saat tengah mengerjakan tugas sekolah di rumahnya RT/RW 04/02 Kelurahan Teluk Sepang Kecamatan Kampung Melayu.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – SD Negeri 77 Kota Bengkulu juga libur sesuai dengan arahan Walikota Bengkulu Helmi Hasan, murid atas nama Dewa One Pratama, alamat Teluk Sepang RT/RW 04/02 Kelurahan Teluk Sepang Kecamatan Kampung Melayu, saat ini belajar dan dibimbing oleh orang tua.

Hal ini disampaikan oleh Sandro Irawan selaku orang tua Dewa, mengatakan anaknya dari hari senin libur ke sekolah sesuai surat edaran Walikota Bengkulu Helmi Hasan tentang penyebaran virus corona.

“Dari hari pertama libur, anak kami (Dewa, red) tetap belajar seperti biasanya, sesuai dengan jadwal dari sekolah, libur bukan berarti belajar juga libur, belajar tetap nomor satu,” jelas Sandro orang tua Dewa pada Rabu (18/3/2020).

Ia menjelaskan, terhadap Surat Edaran dari Pemerintah Kota (Pemkot), ia selaku orang tua sangat sepakat, karena mengingat virus corona ini kata dia dipemberitaan sangatlah berbahaya.

“Selaku orang tua, keputusan Walikota Bengkulu Helmi Hasan sangat tepat, sebelumnya kami sangat kawatir akan kesehatan anak kami, dengan adanya edaran tersebut kami sangat berterimakasih,” pungkasnya.

Ia menegaskan menjalankan sesuai arahan Walikota Bengkulu Helmi Hasan agar anaknya tetap belajar di rumah.

“Dengan belajar di rumah, kami selaku orang tua juga bisa menjaga kebiasaan baik agar bisa diteladani anak. Keluarga kami insyaallah terhindar dari virus corona,” katanya.

Terakhir, ia juga menyampaikan rasa syukur atas kebijakan Walikota Helmi Hasan tersebut.

“Sekali lagi kami ucapkan terimakasih, semoga masyarakat Indonesia terhindar dari virus corona khususnya masyarakat Kota Bengkulu,” tutupnya.

Sebelumnya terlansir, dalam rangka menjaga dan melindungi masyarakat Kota Bengkulu serta memperhatikan perkembangan kasus penyebaran virus Corona (Convid-19), Walikota Bengkulu menginstruksikan sebagai berikut.

1. Meliburkan sekolah TK/RA/PAUD, SD/Ml. SMP/MTS. LKP dan PKBM di Kota Bengkulu dan mengganti dengan kegiatan belajar dirumah selama 14 hari ke depan.

2. Menghimbau kepada SMA/MA/SMK, dan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Kota Bengkulu untuk meliburkan siswa atau Mahasiswa selama 14 hari ke depan.

3. Dinas Pendidikan Kota Bengkulu untuk tetap memantau aktivitas guru disetiap satuan Pendidikan dalam memastikan pelayanan proses belajar mengajar selama siswa beraktivitas di rumah dengan memaksimalkan pemanfaatan alat-alat digital (smart phone, gadget dan sejenisnya).

4. Menunda Seluruh Kegiatan diluar lomba-lomba Pendidikan dan lomba lainnya.

5. Menghindari berjabat tangan, cipika cipiki diganti dengan Salam Hidayah.

6. Meyakini virus ini adalah ciptaan Allah (Tuhan). Bagi ummat Islam selalu perbarui wudhu. Perbanyak infaq/shadaqah, berpuasa, berdoa dan ikhtiar agar Kota Bengkulu dijauhkan dari virus corona.  [Soprian]