PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Provinsi Bengkulu saat ini masih dikatagorikan berstatus zona hijau dari Virus yang mematikan yaitu Corona virus atau kita kenal dengan Istilah (Covid-19).

Wabah virus Covid-19 di Indonesia semakin meluas. Pemerintah memberikan update penanganan COVID-19. Ada 790 orang positif, 2.625 negatif dan meninggal sebanyak 58 orang dari Corona di Indonesia per 25 Maret 2020.

Sedangkan di Sumatera sendiri khususnya Provinsi Bengkulu terupdate per tanggal 23 Maret 2020, Orang Dalam Pantauan (ODP) 19 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tiga orang, dan sehat enam orang serta yang meninggal nol orang.

Walaupun masih dalam keadaan zona hijau Walikota Bengkulu Helmi Hasan sangat was-was terhadap masyarakat akan tertular oleh Covid-19, dengan demikian akan berencana melakukan lockdown mulai dari penutupan pintu keluar masuk di Kota Bengkulu agar memutuskan rantai penularan Covid-19.

Dengan kekuatiran tersebut, Helmi berkirim surat mengusulkan kepada Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah agar provinsi Bengkulu sesegera mungkin dilockdown.

“Lockdown ini penting. Tadi saat rapat video conference dengan Gubernur tidak dibahas soal lockdown. Kita memang masih zona hijau tapi kita tidak bisa santai-santai. Beberapa daerah di Indonesia ini sudah lockdown. Nah kita akan buat surat mengusulkan ke gubernur agar Bengkulu ini dilockdown,” ungkap Helmi Hasan saat rapat koordinasi bersama seluruh OPD, FKUB dan Tim Percepatan Pembangunan Kota Bengkulu (TP2KB), pada Rabu (25/3/20).

Ia menambahkan, mumpung saat ini Provinsi Bengkulu masih kategori zona hijau maka perlu dilakukan lockdown.

Menurutnya, bila virus sudah masuk dan menyebar di Bengkulu maka sudah tidak ada gunanya lagi lockdown itu dilakukan.

“Lockdown itu bukan menunggu virus masuk terlebih dahulu. Kalau sudah masuk ke Bengkulu tidak ada gunanya lagi. Justru karena belum ada yang terkena corona kita harus mulai lockdown,” tegas Helmi Hasan. [Soprian]

Berikut isi surat permohonan nomor : 360/68/BPBD/2020 kepada Gubernur Provinsi Bengkulu terkait permohonan lockdown Provinsi Bengkulu:

Sehubung dengan upaya pencegahan penyebaran corona atau covid 19 diwilayah Provinsi Bengkulu dan selama masa status darurat bencana wabah penyakit corona atau virus disease (Covid-19), bersama ini kami meminta dengan sangat Bapak Gubernur Bengkulu untuk melakukan lock down di Wilayah Provinsi Bengkulu dengan melakukan tindakan sebagai berikut :

1. Menutup penerbangan masuk dari dan ke Wilayah Provinsi Bengkulu
2. Menutup pintu masuk jalur darat dari dan ke Wilayah Provinsi Bengkulu
3. Menutup pintu masuk laut darat dari dan ke Wilayah Provinsi Bengkulu
4. Penerbangan, jalur darat dan jalur laut dari dan ke Provinsi Bengkulu yang membawa obat-obatan, Alat Pelindung Diri (APD), dan bahan makanan dapat dilakukan dengan pengawasan yang ketat dari aparat.