PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Setelah dinyatakan ada 33 orang ODP dan 1 orang PDP, hari ini 11 orang ODP covid-19 dinyatakan selesai dari pemantauan dan 1 PDP sedang dirawat di RSMY.

Ditemui usai mengikuti rapat di kantor Bupati Bengkulu Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Benteng Gusti Minarti memyampaikan dari 33 ODP covid-19 saat ini 11 orang ODP sudah dinyatakan sembuh dan 1 orang pasien PDP sedang dirawat di rumah sakit M. Yunus Bengkulu (RSMY) yang sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit Tiara Sella Kota Bengkulu.

“Untuk ODP kita tinggal 22 orang, 11 sudah sembuh dan 1 orang PDP,” jelas Gusti Minarti, Senin (06/04/2020).

Dan Gusti juga menjelaskan untuk 1 orang PDP sendiri, yang riwayatnya datang dari zona merah, yaitu Jakarta. Dari hasil pemeriksaan pasien sudah memenuhi syarat dikategorikan PDP covid-19.

“Ia berobat ke rumah sakit Tiara Sella, karena dia sudah memenuhi syarat dikategorikan PDP disamping pasien juga memiliki DBD, pasien juga pulang dari Jakarta,” tutupnya.

Untuk diketahui, ODP yakni orang dalam pemantauan artinya orang yang memiliki riwayat sempat bepergian ke negara yang telah terinfeksi virus corona atau melakukan kontak dengan orang terinfeksi vius corona. Namun, ia belum menunjukkan adanya gejala-gejala telah terinfeksi virus.

Meskipun tanpa menunjukkan gejala, orang dalam kategori ODP harus mendapatkan pemantauan dari instansi kesehatan setempat.

Sedangkan PDP adalah pasien dalam pengawasan yang menunjukkan gejala terinfeksi virus corona. Gejala tersebut meliputi demam, batuk, pilek, dan sesak napas.

Pasien dengan kategori PDP perlu mendapatkan pengawasan dari tenaga medis. Sebab, mereka sudah masuk sebagai pasien yang perlu mendapatkan pengobatan. [Hendri Suwi]