Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Penyebaran Virus Corona 19 yang saat ini belum terkendali mulai mencemaskan masyarakat. Diungkapkan Juwita Astuti Anggota DPRD Rejang Lebong yang juga salah seorang penggagas gerakan dua ratus ribu masker, meski pemerintah telah menginstruksikan physycal distancing, stay at home namun belum terjadi penurunan kasus Covid 19.

” Terbaru pemerintah pada tanggal 5 April 2020 kembali mengeluarkan instruksi agar seluruh masyarakat diwajibkan menggunakan masker pada saat di luar rumah. Masyarakat diminta menggunakan masker kain karena masker bedah dan masker untuk petugas kesehatan sudah langka dan jika pun ada diperuntukan bagi petugas medis,” kata Anggota DPRD Rejang Lebong ini.

Terkait langkanya masker di pasaran, Juwita Astuti yang kerap disapa Juju menggagas #Gerakan200RibuMaskerKainUntukMasyarakatRL bersama komunitas yang ada di Rejang Lebong.

“Tidak semua masyarakat terlebih yang ekonomi ke bawah bisa membeli masker, sedangkan untuk makan saja mereka kesusahan. Banyak warga kita yang tidak bisa menjalankan stay at home, dikarenakan keharusan pekerjaan. Seperti petugas kebersihan, tukang angkut, pedagang di pasar, saudara kita yang bergerak di bidang transportasi seperti tukang angkot, ojol (ojek online) dan juga ojek pangkalan. Ada juga petugas bank dan pegawai yang harus standby. maka kami menggalakkan program 200ribu masker untuk masyarakat Rejang Lebong,” kata Juju.

Juwita juga menyampaikan dengan target 200 ribu makser ini tentunya jumlah tersebut sangat banyak, dan jelas tidak bisa dipenuhi hanya satu orang tetapi akan bisa terpenuhi jika semua pihak ikut ambil bagian.

“Saya mengajak berbagai komunitas untuk bergabung, sampai sekarang sudah ribuan yang sudah kita bagikan, dan ribuan lagi sedang proses pembuatan. Untuk dapat menjangkau sebanyak banyaknya masyarakat yang nantinya akan mendapatkan masker gratis ini, kami menerima donasi berupa uang, kain untuk bahan masker dan juga menerima relawan yang mau membantu menjahitkan. Penjahit dan bahan pun kami beli di daerah kita juga, supaya perekonomian berjalan
dan membantu para penjahit kita,” kata Juju.

Juju juga menyampaikan terima kasih untuk para donatur, hamba Allah dan rekan seperjuanagannya Putra Mas Wigoro yang ikut membantu serta pihak lainnya.

“Mari kita lakukan aksi nyata dan bersama sama lawan covid-19 ini semoga wabah ini cepat berlalu. Kami juga masih mengharapkan bantuan dari pihak lain yang peduli. Silahkan berikan bantuan anda baik berupa barang maupun dana. Untuk barang bisa langsung disserahkan kepada Kami dengan terlebih dahulu meberikan konfirmasi melalui Nomor telepon ke nomor #S3Curup 0811 7973627 #DapurKito 0823 76113939 dan donasi berupa uang ke Nomor Rekening BNI 0386 331330 atas nama Juwita,” kata Anggota dewan dari paratai PAN ini.[Julkikfli Sembiring]

Juwita Astuti