Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Dinas Kesehatan Rejang Lebong telah mengeluarkan 4 orang dari 10 warga Rejang Lebong yang sebelumnya dinyatakan sebagai Orang Dengan Pemantauan (ODP). Diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir yang juga merupakan Ketua Program Satgas Covid 19 Rejang Lebong hingga tanggal 7 April 2020 hanya 6 orang lagi yang masih bersatus ODP. Sedangkan untuk notifikasi atau orang yang masuk ke Rejang Lebong tercatat sebanyak 2586 orang.

“Empat orang warga kita yang sebelumnya dinyatakan ODP karena memiliki riwayat berpergian dari daerah terjangkit Covid-19 dan mengalami demam, sesak nafas dan batuk sudah dinyatakan sehat dan dikeluarkan dari status ODP,” kata Syamsir.

Ditambahkan Syamsir, untuk 6 orang warga yang masih berstatus ODP, masih terus dilakukan pemantauan dan penaganan kesehatan.

“Untuk warga yang masih ODP ini belum berubah statusnya karena isolasi belum mencapai 14 hari sedangkan kondisi kesehatanya rata-rata sudah normal. Kalau hongga 14 hari masa isolasi selesai dijalankan dan tidak ada gejala sakit maka statusnya juga akan berubah dari ODP,” kata Syamsir.

Sedangkan untuk warga yang masuk notifikasi karena baru masuk ke Rejang Lebong dari daerah yang terjangkit Covid-19 masih terus dipantau baik oleh petugas medis terdekat juga tetap dipantau oleh pemerintah desa atau kelurahan tempat tinggal yang bersangkutan.

“Seluruh data yang masuk notifikasi ini sudah ada di Dinas Kesehatan, kita juga menyampaikan kepada pemerintahan terdekat dengan tempat tinggal warga yang masuk notifikasi ini. Petugas kita tetap memantau kesehatan mereka secara aktif melalu sambungan telepon. Kita juga mewajibkan mereka ini untuk melakukan isolasi mandiri untuk kebaikan bersama. Kalau sewaktu waktu ada yang mengalami sakit maka segera kita turunkan tim kesehatan untuk melakukan pengecekan,” pungkas Syamsir.[Julkifli Sembiring]