Pedomanbengkulu.com, Seluma – Seluruh biaya penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit, dipastikan ditanggung oleh negara tanpa terkecuali. Pembiayaan pasien meliputi dari pendaftaran awal hingga pasien sembuh dari pengobatan yang dilakukan di rumah sakit.

Kepala BPJS Kabupaten Seluma, Ricco Hanggara mengatakan, verifikasi berkas pasien saat menjalani proses pengobatan dilakukan oleh BPJS. Kemudian BPJS akan mengirimkan data hasil verifikasi tersebut ke Kementerian Kesehatan RI.

“Setelah diverifikasi oleh rumah sakit yang ditunjuk gugus Covid-19, maka BPJS akan melakukan verifikasi berkas, setelah itu datanya akan dikirimkan ke Kementerian Kesehatan, nanti Kemenkes akan berkordinasi ke Kementerian Keuangan untuk membayarkan langsung (biaya pengobatan) ke rumah sakit,” jelas Ricco (22/4/2020).

Ricco menyatakan, masyarakat tidak perlu ragu mengenai biaya dalam menjalani penanganan medis, saat terpapar Covid-19, karena sudah ditanggung oleh negara.

“Sampai pasien pulang sembuh, jadi untuk pasien Covid-19 itu jangan khawatirkan biayanya, sudah ditanggung oleh negara,” jelas Ricco.

Adapun hingga saat ini Kabupaten Seluma masih menjadi zona hijau, dalam persebaran Covid-19 di Kabupaten Seluma. Belum ada pasien yang dinyatakan positif ataupun meninggal dunia karena Covid-19. [IT2006]