Ilustrasi

Wabah virus Covid-19 yang masih menjadi permasalahan dunia, membuat Masyarakat semakin ber waspada. Peningkatan atensi itu tergambar dari berbagai langkah untuk mencegah terpapar virus tersebut.

Satu di antara langkah preventif tersebut adalah mengenakan masker. Namun dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat kesulitan dalam mencari masker yang proporsional.

Program Penelitian Biosecurity di Universitas New South Wales di Australia mengatakan, tragedi pandemik ini menyebabkan kematian di masyarakat dan tenaga medis makin tinggi karena mereka tak mendapatkan masker medis yang layak.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, (CDC) merekomendasikan penggunaan masker kain buatan rumah jika tak ada pilihan lain. Meski kemampuan penyaringan virus oleh masker ini tak sepenuhnya mengurangi risiko terpapar corona Covid-19 karena biasanya kain cenderung lembab dan sering digunakan kembali.

Selain itu menurut, Dokter sekaligus pengusaha dan influencer Dokter Tirta Mandira Hudhi atau yang dikenal dengan dr. Tirta menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker kain selama pandemi virus corona atau Covid-19.

Dalam sebuah video kolaborasi di sosial media Belva dan dr. Tirta, menjelaskan, penggunaan masker kain bisa menjadi pilihan meski masker tersebut tidak seefektif masker medis dalam mencegah penularan virus corona.

Menurut Tirta, masyarakat selain tenaga medis harus menggunakan masker kain saat keluar rumah, daripada tidak menggunakan pelindung sama sekali.

“Masker kain tetap bisa relatif efektif mencegah transmisi virus corona, walaupun tidak sebaik masker surgical/N95. Tetap bisa menekan transmisi 50-75% (tergantung bahannya). Kalau terpaksa keluar, lebih baik pakai masker kain daripada tidak sama sekali,” ujar Tirta dilansir dari Kompas.tv (1/4/2020).

Namun Tirta juga mengingatkan, meskipun sudah bisa menggunakan masker kain, bukan berarti masyarakat bisa keluar rumah dengan bebas.

Agar masker kain dapat berfungsi seoptimal mungkin, berikut tips yang dilansir dari beberapa sumber :

1. Pilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah dan dapat menutup mulut, hidung, dan dagu Anda.

2. Cuci tangan sebelum mengenakan masker, lalu kenakan masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali masker di belakang kepala dengan erat agar masker tidak longgar.

3. Hindari menyentuh masker kain saat sedang dipakai. Jika ingin memperbaiki posisi masker kain yang berubah atau longgar, cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker.

4. Setelah selesai digunakan, lepaskan masker kain dengan hanya menyentuh tali pengait atau pengikatnya, lalu segera cuci masker kain dengan air bersih dan deterjen atau rebus masker di air mendidih dengan suhu minimal 130 derajat Celsius.

5. Segera ganti masker kain apabila sudah robek atau rusak.

Berdasarkan hal tersebut, masker kain cukup efektif sebagai langkah terakhir dalam membantu penyebaran virus covid-19. Selain itu physical distancing atau menjaga jarak merupakan cara aman untuk terhindar dari Wabah pandemi yang tengah melanda dunia. [Suci Kusuma]