Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara –  Untuk membantu warga dalam situasi ketidakpastian ekonomi yang disebabkan wabah virus Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara memberikan insentif atau stimulus berupa penghapusan pajak daerah dan retribusi daerah kepada para pelaku usaha termasuk UMKM, Rabu (1/4/2020)

Hak tersebut diambil untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : 440 / 2436/ SJ Tanggal 17 Maret 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) di lingkungan Pemerintah Daerah.

Terkait kebijakan pemberian insentif berupa penghapusan pajak daerah dan retribusi daerah, berlaku untuk:

1. Pajak hotel sampai dengan akhir Juni 2020 (Terhitung 1 April 2020)
2. Pajak restoran sampai dengan akhir Juni 2020 (Terhitung 1 April 2020)
3. Retribusi Pelayanan Pasar sampai dengan akhir Juni 2020 (Terhitung 1 April ).

Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian mengatakan kebijakan ini diambil pemerintah untuk mendorong perekonomian masyarakat di Bengkulu Utara yang saat ini mulai mengalami penurunan akibat wabah virus Covid-19.

“Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dapat mendorong berjalannya perekonomian, mengurangi penurunan produksi, dan risiko bertambahnya pengangguran di Kabupaten Bengkulu Utara, dan semoga memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha di Kabupaten Bengkulu Utara,” ungkap Bupati.[Sugeng]