Pengurus Rumah Literasi bersiap menyalurkan 100 donasi Paket Sembako, pada Sabtu pagi (4/4/2020).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dunia saat ini dihadapakan dampak virus corona (Covid-19), tak terkecuali masyarakat Kota Bengkulu. Rumah Literasi turut terpanggil untuk berbagi beban sesama dengan salurkan 100 donasi Paket Sembako, pada Sabtu pagi (4/4/2020).

Diketahui Rumah Literasi bersama masyarakat pada saat ini merasakan dampak luar biasa akibat wabah Corona (Covid-19), baik secara ekonomi maupun sosial. Semua lini kehidupan lumpuh, termasuk perekonomian. Utamanya ekonomi masyarakat kelas bawah yang menggantungkan periuk nasinya dari kegiatan di luar rumah seperti pedagang asongan/gerobak, tukang sapu jalan, tukang servis sepatu, juru parkir, dan lain-lain.

Berbagai upaya dilakukan untuk meringankan beban masyarakat tersebut. Salah satunya gerakan aksi pembagian sembako hasil donasi oleh Rumah Literasi.

Lembaga non- profit yang bergerak dalam bidang Pendidikan, Advokasi dan Pemberdayaan Masyarakat ini menyalurkan Paket Sembako.

“Ada 100 paket Sembako siap kita salurkan yang merupakan hasil open donasi atau sumbangan tidak mengikat dari para dermawan. Alhamdulillah hari ini kita sudah salurkan 40 paket sembako. Sisanya ditahap selanjutnya. Dan kemungkinan donasi akan terus bertambah,” ujar Direktur Eksekutif Rumah Literasi, Suhanderi, SH.,M.H.

Adapun latar belakang open donasi ini, sambungnya, sebagai salah satu upaya tindakan konkret meringankan beban masyarakat bawah yang sedang berteriak kesusahan.

“Gerakan kemanusiaan ini semakin massif dilakukan oleh berbagai pihak dan komunitas-komunitas untuk melakukan kegiatan serupa agar himpitan beban masyarakat bawa sedikit ringan,” jelasnya.

Rumah literasi saat ini sedang membagikan bermacam-macam kebutuhan sehari-hari masyarakat, agar kebutuhan masyarakat terbantukan.

“Paket sembako senilai 100 ribu rupiah yang terdiri dari 2 Liter Minyak Goreng, 2 Cupak Beras, dan 1 Karpet Telur dibagikan dengan cara mendatangi titik-titik lokasi yang berhak menerima,” ringkasnya.

Rumah Literasi juga masih membuka open donasi bagi para dermawan yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu masyarakat tidak mampu, imbuhnya.

“Kami dari Rumah Literasi mengucapkan terima kasih kepada para dermawan yang sudah mempercayakan donasinya untuk kami salurkan. Dan kami masih menerima donasi untuk disalurkan dalam tahap-tahap selanjutnya,” demikian disampaikan Suhanderi.,SH., MH. [Soprian]