Sekretaris Dinkes Kabupaten Seluma, Arlan Aksa

Pedomanbengkulu.com, Seluma – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma, meniadakan sementara kegiatan Posyandu, sampai waktu yang belum ditentukan. Ini guna mencegah keramaian, yang dapat menjadi peluang penyebaran wabah Covid-19.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Seluma, Arlan Aksa menyatakan, kegiatan posyandu selalu dihadiri banyak orang, khususnya ibu dan anak yang hendak mendapat asupan gizi dan Vaksinasi. Untuk itu pihaknya telah mengambil solusi, dengan tetap menggelar pemberian vaksin dan imunisasi, dengan mendatangi langsung ke rumah rumah.

“Pemberian asupan gizi dibatalkan, tetapi untk kegiatan pemberian vaksin imunisasi, tetap dilaksanakan. Petugas dari Puskesmas akan datang langsung ke rumah rumah memberikan pelayanan” jelas Arlan Aksa (2/4/2020).

Sebelum melaksanakan kegiatan imunisasi rumah ke rumah, Puskesmas setiap wilayah wajib melakukan pendataan terhadap ibu hamil, bayi, dan balita yang ada, dan akan mendapat pelayanan. Dinkes juga sudah memberikan edaran ke setiap Puskesmas.

“Setelah dilakukan pendataan, nanti petugas akan datang langsung dari rumah ke rumah. karena kalau dilakukan seperti biasa, maka akan menyebabkan keramaian” jelasnya.

Adapun semula kegiatan Posyandu ditunda selama tujuh hari, kemudian ditunda lagi selama empat belas hari, hingga akhirnya ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

“Kami masih menunggu arahan, dan diharapkan darurat dan penyebaran Covid-19 bisa segera berakhir” jelas Arlan. (IT2006)