Petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, melakukan penyemprotan massal di sekitar kabupaten Seluma pada (31/3/2020) pagi

Pedomanbengkulu.com, Seluma – Petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, melakukan penyemprotan massal di sekitar kabupaten Seluma pada (31/3/2020) pagi. Seluruh elemen yang terlibat dalam kegiatan penyemprotan, dikumpulkan terlebih dahulu di Taman Kota Simpang Enam untuk mengikuti upacara yang dipimpin langsung Bupati Seluma Bundra Jaya.

Petugas penyemprotan dibagi ke enam tim berbeda, yang menyebar ke beberapa tempat di Kabupaten Seluma. Salah satu lokasi yang disemprot disinfektan adalah Pasar Tais di jalan merdeka, masjid, rumah makan, hingga salah satu minimarket waralaba. Penyemprotan juga dilakukan menggunakan water canon milik Polres Seluma, dan armada pemadam kebakaran.

Bupati Seluma, Bundra Jaya mengatakan, penyemprotan diutamakan ke tempat tempat yang biasa dikunjungi masyarakat, seperti jalan raya, fasilitas umum, hingga tempat jual beli.

“Fasilitasi umum terlebih dahulu yang diutamakan, baru nanti berlanjut hingga ke desa desa. Yang jelas ini akan dilakukan secara berlanjut agar wabah Covid-19 ini bisa dicegah penularannya” jelas Bundra Jaya.

Tak hanya di itu, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di setiap kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Cairan disinfektan disemprot ke benda benda yang kerap disentuh, seperti pintu, kursi, meja, dan peralatan kantor.

“Sudah kami lakukan penyemprotan, khususnya untuk benda yang paling sering disentuh tangan. Di depan kantor juga kami siapkan hand sanitizer untuk pegawai dan tamu yang datang” jelas Kadis PU Kabupaten Seluma, M. Saipullah (31/3/2020).

Warga asal Kabupaten Seluma yang saat ini sedang berada di luar daerah, diimbau untuk tidak pulang, guna mencegah penularan Covid-19.

“Kami imbau masyarakat yang sedang berada di perantauan di luar daerah, jangan dulu pulang. Sayangi keluarga dan diri sendiri, jangan sampai justru menularkan Covid-19 ke keluarga yang ada di Seluma. Masyarakat juga harus rajin mencuci tangan dan menjaga kesehatan” jelas Bundra Jaya.

Hingga saat ini belum ada masyarakat kabupaten Seluma, yang dinyatakan positif terkena wabah Covid-19. Dinas kesehatan terus melakukan pendataan terhadap warga yang baru pulang dari luar daerah.

Informasi Covid-19 Bisa Diakses di Website Resmi

Masyarakat dapat melakukan pengecekan langsung terhadap informasi mengenai penanganan wabah Covid-19, di portal portal.selumakab.go.id/covid19/. Portal tersebut dikelola oleh Dinas Kominfo Kabupaten Seluma.

“Masyarakat bisa mengakses informasi mengenai jumlah data terkait Covid-19, di portal yang sudah kami sediakan” jelas Kadis Kominfo Kabupaten Seluma, Hendar Syah. [ADV/IT2006]