Pedomanbengkulu.com, Seluma – Seluruh pasar yang terdapat di Kabupaten Seluma, mulai dari pasar mingguan, hingga pasar induk dipastikan akan tetap beroperasi. Dinas Perindagkop Kabupaten Seluma memastikan, pasar tidak akan ditutup untuk menjamin ketersediaan pangan di Kabupaten Seluma.

Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Seluma, Mulyadi mengatakan, belum ada intruksi dari Pemerintah Pusat maupun Bupati Seluma untuk menutup operasional dari pasar yang ada.

“Seluruh pasar yang ada di Seluma ini pasar tradisional, tidak ada pasar modern, jadi tetap beroperasi seperti biasa dan tidak ada penutupan” jelas Mulyadi.

Kendati demikian Mulyadi mengimbau seluruh pedagang maupun pembeli yang datang ke pasar, wajib mengenakan masker dan membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Pengelola pasar juga wajib menyediakan hand sanitizer untuk mencuci tangan penjual dan pembeli. Selain itu Disperindagkop juga menekankan pentingnya menjaga jarak, dalam proses jual beli agar penyebaran Covid-19 tidak terjadi.

“Setiap pedagang maupun pembeli harus menjaga kebersihan dan menjaga jarak saat berada di dalam pasar, sehingga aktivitas jual beli tetap terhindar dari penularan wabah Covid-19” jelas Mulyadi.

Tak hanya itu pengelola pasar tidak diperbolehkan menerima pedagang baru dari daerah lain khususnya luar Seluma, karena dikawatirkan membawa wabah Covid-19. Pemerintah Kabupaten Seluma sendiri sudah melakukan upaya penyemprotan disinfektan di pasar, sejak Selasa (1/4/2020) kemarin. [IT2006]