PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah — Seperti diketahui bersama Provinsi Bengkulu telah berstatus zona Covid-19 atau Virus Corona. Setidaknya sudah 367 kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP), 10 kasus Pasien Dalam Pemantauan (PDP) satu diantara kasus PDP adalah warga Kabupaten Bengkulu Tengah. Menyikapi ada warganya yang terjangkit, Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli mengatakan agar tetap semangat, jangan putus asa, karena sudah banyak yang terjangkit dan berhasil disembuhkan.

“Untuk masyarakat yang terjangkit harus semangat, diluaran sana sudah banyak yang sembuh, jadi jangat khawatir, harus semangat jangan banyak fikiran, berdoa dan berusaha insyaAllah semuanya akan baik-baik saja,” kata Ferry Ramli, Minggu (5/4/2020).

Ferry Ramli mengungkapkan, berdasarkan informasi yang didapatkan pihaknya sebelum terjangkit virus itu, salah satu warganya tersebut sempat mendapat kunjungan dari rekan kerjanya yang datang dari Jakarta karena warganya itu usai melahirkan.

“Warga Kabupaten Bengkulu Tengah yang terindikasi Covid-19, informasinya ada rekannya yang dari Jakarta datang kerumahnya karena yang bersangkutan melahirkan. Tentunya tidak melihat orang itu datang dengan menggunakan pakaian rapi dapat menjamin tidak membawa virus, maka dari itu harus jaga jarak saat berkomunikasi. Kemaren ada tamu ramai datang kesini tapi mohon maaf untuk sementara belum bisa, karena kita khawatir terhadap insiden-insiden yang tidak terduga, karena virus ini kan tidak kelihatan, seperti angin,” ungkap Ferry Ramli.

Ferry Ramli juga mengajak masyarakat Bengkulu Tengah untuk sama-sama mengatisipasi penyebaran Covid-19 dengan cara waspada, tetap di rumah saja. Menurut Ferry Ramli, melawan virus ini tinggal bagaimana menyikapinya dengan membiasakan hidup bersih, pola hidup sehat, berolahraga yang cukup, makan makanan yang sehat, dan biasakan berjemur di jam-jam tertentu sehingga virus-virus bisa mati terkena sinar matahari.

Ferry Ramli kembali menegaskan, untuk seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu khususnya Bengkulu Tengah jangan panik dan resah. Diri sendiri yang lebih tahu adanya penyakit, periksakan kesehatan jika ada kejanggalan pada diri sendiri. Pemerintah Bengkulu tengah telah menyiapkan tenaga medis disetiap kelurahan dan kecamatan yang standby 24 jam.

“Kalau ada yang mencurigakan atau datang dari luar Kota maupun luar Daerah saya harapkan untuk memeriksakam kondisi tubuh sehingga kita tahu positif tidaknya. Jadi tidak usah panik dan resah ataupun bingung, kita harus berupaya, diri kita yang tau kita punya penyakit atau tidak, siapa-siapa tamu kita yang datang kerumah kita itu perlu kita waspadai. Bukan kita tidak sayang dengan teman, sahabat tetapi paling tidak kita mengantisipasi diri agar terhindar dari wabah ini. Mari kita lawan virus corona bersama-sama. Kita harus menjaga diri kita dengan cara kita sehingga kita dan keluarga kita tidak terjangkit virus tersebut,” jelas Ferry Ramli.[Anto]