Ilustrasi

Wabah virus covid-19 di Indonesia semakin bertambah. Sebagaimana diungkapkan oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto Selasa (31/3/2020) penambahan konfirmasi kasus positif sebanyak 1.528 kasus dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 136 orang, dengan jumlah yang sembuh 81 orang.

Selain itu Status zona hijau di Provinsi Bengkulu akhirnya berakhir setelah Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengumumkam pada hari Selasa (31/3/2020) penemuan seorang warga asal Lampung meninggal akibat Covid-19 di Bengkulu.

Terkait hal tersebut, Dokter bukan satu-satunya garda terdepan dalam upaya memutus rantai penyebaran Virus Corona. Justru masyarakat lah yang dianggap pemutus masalah agar Corona COVID-19 cepat teratasi.

“Untuk memutus rantai ini, garda terdepannya adalah masyarakat, bukan tenaga kesehatan,” kata tim medis penanganan COVID-19 di Indonesia, DR dr Erlina Burhan MSc SpP(K) di Kantor BNPB pada Senin, 30 Maret 2020.

Penularan Corona dapat terjadi melalui dua cara, langsung dari droplet dan tidak langsung. Menurut Erlina, ini terjadi jika masing-masing individu keluar rumah.

“Langsung itu bila mana pasien batuk maka akan keluar droplet, dan cipratan yang keluar saat batuk atau bersin terkena ke orang lain yang jaraknya satu meter,” kata Erlina.

Oleh sebab itu, memakai masker sangat penting jika sedang sakit atau pun kondisi sehat. Dan, atur jarak berdiri lebih dari satu meter.

“Itu mengapa harus di rumah saja. Ini mencegah interaksi sosial. Jika tidak perlu jangan keluar. Bila harus keluar, jaga jarak, dan pakai masker,” katanya.

Sedangkan penularan Virus Corona tidak langsung, lanjut Erlina, terjadi akibat menyentuh benda yang terkontaminasi virus.

Cara paling efektif mencegahnya, dengan menjadikan tidak menyentuh sebelum cuci tanan sebagai kebiasaan. Selain tentunya harus rajin-rajin cuci tangan di air mengalir.

“Ini bisa dilakukan jika menjadi kebiasaan. Cuci tangan baik buat orang yang sehat maupun sakit,” katanya.

Menurut Erlina, pentingnya mencuci tangan akan terus diserukan karena ini satu-satunya tindakan paling efektif mencegah terjadinya penularan virus covid-19.

Erlina menjelaskan bahwa droplet yang mengandung virus ini bisa dikeluarkan melalui percikan langsung yang jangkauannya satu meter, dan yang tidak langsung tumpah di permukaan yang ada di sekitar kita.

Untuk itu, Masyarakat harus berkerjasama memutus rantai penyebaran virus covid-19. Melalui langkah dirumah aja, apabila mengharuskan keluar rumah selalu jaga kesehatan dan kebersihan diri. [Suci Kusuma]