Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Utara-   Gorong-gorong tersumbat karena curah hujan yang tinggi, Jalan Lintas Barat Sumatera tepatnya di desa Bukit Makmur Kecamatan Pinang Raya dilakukan perbaikan melalui koordinasi terhadap Kementerian PUPR melalui Bina Marga Wilayah Sumatera, pada Jumat (10/4).

Kades Bukit Makmur, Hartono mengatakan melihat kondisi air danau yang meluap semenjak curah hujan yang tinggi sejak awal tahun 2020 dan mengakibatkan gorong-gorong tersumbat yang mengakibatkan rumah warga tergenang, dirinya melaporkan kepada Bupati Bengkulu Utara dan Dinas-dinas terkait untuk memperbaiki dan hari ini mulai melakukan pembedahan.

“Itu bukan putus, tetapi karena air danau yang sebelumnya belum pernah meluap dan tahun ini meluap karena gorong-gorong mampet maka kami melaporkan ke Bupati Bengkulu Utara dan Dinas-dinas terkait, Alhamdulillah mendapatkan respon yang baik,” ungkap Kades.

Suwarno selaku Satker PJN wilayah 1 Bengkulu Utara mengatakan pekerjaan perbaikan jalan tersebut menggunakan paket kontrak long segmen karena untuk daerah tersebut tidak terdapat penanganan khusus jadi menggunakan penanganan darurat dan diperkirakan besok selesai perbaikan karena keadaan lumpur dan alat berat yang terendam lumpur yang dalam.

“Insyaallah hari ini selesai, ditimbun dulu yang penting mobil bisa lewat,” ungkapnya.

Kapolsek Ketahun, Iptu Teguh Ari Aji mengatakan untuk arus lalulintas tetap lancar hanya saja dialihkan ke jalan pesisir dan untuk kendaraan yang akan menuju ke arah Batiknau dapat melewati jalan alternatif di jalan hiu yang ada di Desa Bukit Makmur.

“Jalan kami alihkan ke jalan pesisir, dan bisa juga menggunakan jalan alternatif di Desa Bukit Makmur,” pungkasnya. [Sugeng]