Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Sat lantas Polres Rejang Lebong mulai 6 April hingga 19 April 2020 menggelar Operasi Nala 2020 berupa operasi cipta kondisi lalulintas. Hal ini dikatakan langsung oleh Kapolres Rejang Lebong, AKBP Dheny Budhiono didampingi Kasubag Humas Iptu Jumipan, Senin (6/4/2020).

Operasi Keselamatan Nala 2020 dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 2020 dan upaya pencegahan virus Corona atau Covid-19.

“Operasi ini bertujuan untuk operasi cipta kondisi lalulintas dalam rangka menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 2020 serta sebagai upaya pencegahan Covid-19,” kata Dheny Budhiono.

Oprasi Patuh nala yang dilaksanakan ini ditujukan hanya berupa teguran bagi pelanggar peraturan lalulintas.

“Kita menerjunkan 45 orang personil dan kegiatannya banyak berupa himbauan dan pencegahan, yakni tindakan preventif, berupa sosialisasi, himbauan dan teguran,” jelasnya.

Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan mudik ke kampung halaman, termasuk dari Rejang Lebong maupun dari luar daerah.

“Kami himbau kepada mssyarakat Rejang Lebong, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, untuk tahun ini jangan dulu melakukan mudik lebaran, sebaiknya ditunda untuk sementara,” himbaunya.

Di sisi lain, Kasat Lantas Polres Rejang Lebong, Iptu Aan Setiawan menambahkan, pada operasi Keselamatan Nala kali ini pihaknya akan gencar melakukan penyuluhan keliling dengan datang langsung ke masyarakat.

“Kita akan banyak memberikan himbauan melalui penyuluhan langsung ke masyarakat, melalui spanduk, brosur dan sebagainya, dan kegiatan Gakum (Penegakan Hukum) ditiadakan, kegiatannya fokus pencegahan Covid-19,” kata Aan.

Meski penindakan hukum tidak dilakukan, ia uga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tertib dalam berlalulintas, dengan melengkapi kelengkapan berkendara seperti helm, sabuk pengaman, melengkapi surat-surat kendaraan serta mematuhi rambu lalulintas.

“Kita himbau, ikuti aturan pemerintah, tetap di rumah biar kami yang bekerja,” pesannya.[Julkifli Sembiring]