Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Utara- Penanganan wabah virus Covid-19 tidak hanya dilakukan di perkotaan saja tetapi sampai di pedesaan. Di desa Bumi Harjo Kecamatan Pinang Raya, pemuda yang tergabung dalam kelompok pemuda Buana Bakti melakukan penyemprotan disektifektan, Minggu (5/4/2020).

Dalam pantauan Pedomanbengkulu.com, penyemprotan dilakukan dengan alat seadanya, yaitu dua mobil yang dilengkapi dengan steam. Penyemprotan dilakukan di rumah-rumah warga dan fasilitas umum seperti kantor desa, Pos Kamling dan masjid.

Ketua kelompok pemuda Buana Bakti, Suroto mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai langkah penanganan virus Covid-19, karena menurutnya meskipun tinggal di desa yang kegiatan sosialnya tidak seluas kota tapi tidak menutup kemungkinan virus tersebut dapat masuk ke wilayah desa Bumi Harjo.

“Ini sebagai langkah awal penanganan Virus Covid-19 yang mulai mewabah di Provinsi Bengkulu,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan kegiatan ini rencananya akan dilakukan dua Minggu sekali dengan biaya dari para donatur dan khas kelompok pemuda Buana Bakti. Dirinya menganggap hal ini harus sering dilakukan karena untuk menjaga agar virus tidak masuk ke wilayah Desa Bumi Harjo.

“Kegiatan ini akan terus kami lakukan untuk menjaga dan mengantisipasi wabah virus Covid-19, kami juga membuat aturan untuk tidak menganjurkan masyarakat asing kecuali warga Bumi Harjo untuk beribadah di masjid yang ada di Bumi Harjo karena kota tidak tau masyarakat asing yang datang beribadah ke masjid berkontak sosial dengan siapa dan dari mana,” pungkasnya. [Sugeng]