Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman

PedomanBengkulu.com, Lebong – Gugus tugas penanggulangan Covid-19 Kabupaten Lebong akan terus bekerja maksimal, agar Kabupaten Lebong tetap berada dalam status zona hijau. Tidak ingin kecolongan, selain memperketat perbatasan dengan mendirikan Posko pemeriksaan kesehatan, bagi setiap warga yang masuk ke Kabupaten Lebong. Sebanyak 369 orang sudah dilakukan notifikasi screening dan sekarang tinggal 330 orang yang masih tetap dalam pengawasan hingga selesai 14 hari.

“Kita (Lebong,red) masih dalam status zona hijau. Kenapa mereka yang sudah dinotifikasi screening tetap diawasi, karena kita ingin pastikan mereka tetap sehat hingga 14 hari kedepannya,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman kepada PedomanBengkulu.com Jum’at (3/4/2020) sore.

Ditambahkan Rahman, untuk sementara per 3 April 2020, jumlah kasus orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Lebong ada sebanyak 9 orang. Dari jumlah tersebut sudah ada 4 ODP, yang sudah melewati isolasi mandiri selama 14 hari dan dari pantauan tim medis mereka dinyatakan sehat.

“Sebelumnya kita juga melakukan Rapid test kepada 9 ODP dan hasilnya negatif. Sekarang tinggal 5 ODP masih dalam pengawasan,” bebernya.

Pihaknya akan terus berkoordinasi, lanjut Rachman, dengan semua pihak agar Kabupaten Lebong tetap dalam status zona hijau. Melaporkan setiap warga yang baru pulang kampung dari zona merah, termasuk ODP yang masih isolasi mandiri 14 hari, untuk tetap dirumah dan jangan bepergian dulu.

“Warga yang ditetapkan sebagai ODP untuk menahan diri tidak keluyuran. Termasuk juga warga yang baru pulang, silakan melapor ke Puskemas untuk dilakukan pemeriksaan kesehatannya,” tandasnya. [Supriyadi]