Pedomanbengkulu.com, Seluma – Bantuan pembelian sembako bagi masyarakat untuk menghadapi dampak Covid-19 diusulkan Pemerintah Kabupaten Seluma. Bantuan tersebut bertujuan untuk meringankan beban perekonomian masyarakat, akibat bencana wabah Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seluma Irihadi mengatakan, bantuan yang diusulkan sebesar Rp200 ribu ke setiap keluarga penerima manfaat, untuk dibelikan sembako. Sehingga masyarakat tetap bisa membeli bahan pokok, meski penghasilannya terganggu akibat melemahnya ekonomi.

“Kalau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sudah dinaikkan menajdi dua ratus ribu, kami rencanakan Pemkab Seluma juga begitu. Bedanya nanti uangnya akan langsung diterima warga, untuk membeli sembako. Sehingga tidak perlu lagi mengantar langsung sembako ke masyarakat, khususnya daerah terpencil,” jelas Irihadi.

Dijelaskan Irihadi, salah satu dampak Covid-19 ini adalah menurunya daya beli masyarakat, khususnya yang bekerjad di bidang pertanian. Kabupaten Seluma sendiri hampir mayoritas masyarakatnya bergantung di sektor pertanian.

“Dikhawatirkan pabrik tutup, yang punya penghasilan dari kebun otomatis tidak ada penghasilan. Tetapi (rencana pemberian bantuan) ini belum final, masih perlu dibahas, karena itu tadi saya usulkan ke Pemprov,” jelasnya.

Adapun saat ini Pemkab Seluma sudah memiliki anggaran sebesar Rp 11,6 milliar untuk penanganan dampak Covid-19, yang berasal dari pergeseran anggaran di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Salah satu tujuan anggaran tersebut adalah pembelian alat kesehatan untuk puskesmas dan rumah sakit. [IT2006]