Pedomanbengkulu.com, Seluma – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS), saat ini sedang melakukan pengkajian bersama Kementerian Kesehatan, terkait penjaminan pasien Covid-19. Saat ini BPJS Kesehatan sudah diminta pemerintah pusat, untuk mendukung penanganan pasien Covid-19 yang setiap hari terus bertambah.

Kepala BPJS Kabupaten Seluma Ricco Hanggara menyatakan, saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan, untuk menentukan berbagai layanan yang didapat pasien Covid-19 dari BPJS.

“Beberapa hal terkait penjaminan Covid-19, masyarakat yang dijamin, hal yang dijamin, tarif, pengkodingan, Saat ini petunjuk teknisnya masih diproses di Kementerian Kesehatan” jelas Ricco Hanggara (5/4/2020).

BPJS saat ini juga sedang melakukan pengembangan terhadap aplikasi, yang akan dibuat modul khusus klaim pasien Covid-19. Ini dilakukan untuk mengatur pemisahan doble klaim setiap pasien.

“Direncanakan pengembangan aplikasi akan dibuat modul khusus untuk pengajuan klaim khusus Covid-19 yang mengakomodir peserta non JKN, dan pemisahan pengganggaran covid-19 dan dipastikan tidak doubel klaim” paparnya.

Pelayanan Tetap Dibuka

Sementara itu Kantor BPJS Seluma, di jalan Umar Ahmad kelurahan Pasar Tais, dipastikan akan tetap dibuka dan memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti biasa.

“Saat ini belum dilakukan work from home (WFH), pertimbangannya sekarang Kabupaten Seluma masih dalam zona hijau” jelasnya.

Kendati demikian, petugas di kantor BPJS Seluma sudah dilengkapi masker, dan masyarakat yang datang dapat mencuci tangan menggunakan hand sanitizer untuk mencegah penularan wabah Covid-19. (IT2006)