PedomanBengkulu.com, Lebong – Untuk mempermudah pengawasan bagi setiap warga yang datang dari wilayah zona merah, Pemerintah melalui Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lebong, diminta membentuk Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi informasi, terkait warga Orang Dalam Pemantauan (ODP) melalui Camat bersama Kepala Desa dan Lurah. Hal itu dianggap penting, karena petugas Posko Covid-19 di perbatasan sudah cukup sangat ketat untuk menjaga, agar Kabupaten Lebong tetap dalam status zona hijau. Namun yang tidak kalah penting adalah tindaklanjut hasil pendataan dari Posko pemeriksaan di perbatasan, informasinya harus cepat sampai kepada Kades atau Lurah selaku pemilik wilayah. Hal itu disampaikan anggota DPRD Lebong Pip Haryono, ketika mendampingi Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen saat menyerahkan bantuan untuk Posko di Desa Bioa Sengok Kecamatan Rimbo Pengadang.

“Kita minta dibentuk Satgas Informasi khusus penanggulangan Covid-19 hingga ke desa. Hal itu penting dilakukan, agar setiap informasi kedatangan warga dari zona merah bisa langsung diketahui Kades dan Lurah. Setidaknya adanya informasi ini akan cepat ditanggapi, untuk segera lakukan pengawasan dilingkungannya,” ungkap Pip Haryono kepada PedomanBengkulu.com, Selasa (7/4/2020) siang.

Ditambahkan Pip Haryono, karena setiap warga yang pulang dari daerah yang termasuk zona merah. Perlu dilakukan pengawasan ekstra selama mereka dalam isolasi mandiri. Setidaknya setiap masuknya data dari Posko Covid-19 bisa langsung didata oleh Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Lebong, kemudian informasi ini diteruskan ke seluruh Camat hingga Kades dan Lurah.

“Pada intinya kita ingin data kawan-kawan di Posko setiap kedatangan warga segera terpantau, dan juga tidak sampai membuat warga yang lain tidak panik. Minimal antisipasi yang sudah dilakukan oleh Pemkab Lebong sejauh ini di perbatasan memberikan hasil dan tidak kebobolan di dalam,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen menegaskan dalam masa tanggap pencegahan wabah virus Covid-19 ini, pihaknya sementara ini tidak akan melaksanakan dinas luar. Kemudian secara pribadi, dirinya sepakat untuk pengalihan sejumlah anggaran perjalanan dinas tersebut, dialihkan untuk anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Lebong.

“Secara pribadi saya mendukung, namun masih perlu dikonsultasikan dengan anggota dewan lainnya,” singkatnya.[Supriyadi]