PedomanBengkulu.com, Lebong – Sebagai upaya mengatasi kelangkaan stok darah dan antisipasi kebutuhan darah, selama masa pandemi Covid-19. Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Lebong melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) donor darah. Tang digelar di Aula Mapolres Lebong, Kamis (16/4/2020). Kendati pun banyaknya personil Polres Lebong, yang ingin berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya. Karena keterbatasan pada kantong darah, Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur bersama jajarannya, hanya berhasil mengumpulkan 15 kantong sesuai jumlah ketersediaan kantong darah.

Dikatakan Kapolres, selama masa pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi ketersediaan stok darah di UTD RSUD Lebong, karena ini juga akibat terhadap penurunan relawan pendonor darah. Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan UTD RSUD Lebong dan PMI Lebong, berusaha membantu dengan mengerahkan jajaran Polres Lebong sebagai pendonor darah.

“Kegiatan baksos ini diikuti oleh 41 anggota Polres Lebong, namun yang dapat melakukan donor hanya 15 dikarenakan keterbatasan kantong darah yang ada,” ungkap Kapolres Ichsan Kamis (16/4/2020) siang.

Dijelaskan Ichsan, dari 15 kantong darah hasil Baksos Polres Lebong tersebut, terdapat sebanyak 4 kantong golongan darah A, 3 kantong golongan darah B, 3 kantong golongan darah AB, 5 kantong golongan darah O. Yang langsung diserahkan kepada UTD RSUD Lebong, untuk dipergunakan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Giat yang kami lakukan ini sebagai langkah antisipasi kekurangan stock darah. Yang pasti kedepannya kita akan jadikan baksos donor darah menjadi agenda rutin Polres Lebong. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, semua elemen memang diharapkan partisipasinya dalam bentuk apapun,” pungkasnya.[Supriyadi]