Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Gerakan 200 ribu masker untuk warga Rejang Lebong yang digagas Juwita Astuti anggota DPRD Rejang Lebong bersama relawan lainnya telah berhasil menyalurkan 10 ribu maker ke seluruh wilayah di Rejang Lebong.

“Sejak awal hingga saat ini, masker gratis yang telah kami bagikan kepada masyarakat telah mencapai 10 ribu lembar lebih, aksi ini akan terus kami galakkan hingga semua masyarakat Rejang Lebong menggunakan masker,” kata Inisiator gerakan 200 ribu masker, Juwita Astuti, Senin (13/4).

Disampaikan Juwita, masker gratis itu tidak hanya mereka bagikan kepada masyarakat umum, melainkan juga mereka bagikan kepada petugas di gugus tugas penaggulangan Covid-19. Seperti petugas yang di posko pengecekan di perbatasan, baik di posko perbatasan dengan Lubuklinggau, posko perbatasan Lebong, posko perbatasan Kepahiang-Empat Lawang, kemudian disalurkan ke RSUD Curup hingga dibagikan ke semua Puskesmas di Rejang Lebong.

Dalam aksi itu menurut dia, sejumlah organisasi dan komunitas turut terlibat langsung termasuk anggota DPRD Rejang Lebong, Putra Mas Wigoro.

“Selain membagikan masker, kami juga mengedukasikan pentingnya penggunaaan masker
apalagi sudah ada instruksi dari Presiden kalau masyarakat menggunakan masker kain, masker medis hanya digunakan untuk petugas kesehatan dan masyarakat yang sakit,” lanjut Juwita.

Juwita menambahkan, masker kain yang mereka bagikan itu merupakan produk lokal yang dijahit oleh warga setempat, bahan masker juga dibeli dari pedagang lokal, sehingga gerakan yang digalakkan secara gotong rotong itu dapat memberi dampak ekonomi masyarakat.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam aksi sosial ini, mulai dari donatur, relawan penjahit, dan semua komunitas dan organisasi dalam gerakan ini, semoga wabah Covid-19 ini segera berakhir,” harapnya.[Julkifli Sembiring]