Pedomanbengkulu.com, Seluma – Tenaga guru di Kabupaten Seluma dipastikan kembali berkurang. Pasalnya sebanyak sepuluh orang guru yang merupakan kepala sekolah di SD dan SMP di Kabupaten Seluma, akan pensiun tahun ini.

“Ada sepuluh orang kepala sekolah yang akan pensiun, diantaranya adalah Kepala SMP 18 di Penago, dan SD 29 di Napalan” jelas Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Seluma, Emzaili Hambali, Minggu (19/4/2020).

Ditambahkan Emzaili, pihaknya akan melakukan pergantian terhadap kepala sekolah yang pensiun. Sebelum menempati jabatan kepala sekolah, akan dilakukan seleksi terlebih dahulu.

“Akan dipilih dari guru yang ada, syaratnya minimal golongan IIIc, pendidikan minimal sarjana (S1), sudah sertifikasi, hingga mengikuti pendidikan calon kepala sekolah (Cakep)” jelas Emzaili.

Akan tetapi menurut Emzaili, untuk mencari guru yang memenuhi seluruh syarat tersebut sulit dilakukan, sehingga kepala sekolah yang dipilih berkumungkinan tidak memenuhi seluruh syarat tersebut.

“Tetapi kalau mau dipenuhi semua syarat susah, mungkin mereka akan dipilih dulu baru nanti diikutikan diklat,” jelas Emzaili. [IT2006]