PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Munculnya nama Chrisman Damanik sebagai salah satu sosok pengganti atas mundurnya dua Staf Khusus Presiden, Adamas Belva Devara dan Andi Taufan. Mendapat dukungan Toko Muda Bengkulu Rigen Sudrajat yang juga ketua Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Bengkulu.

Mundurnya dua staf presiden yang ditengarai karena dugaan konflik kepentingan menjadi pelajaran untuk memperbaiki syarat pengisian jabatan Staf Khusus Presiden ke depan.

Belva Devara yang merupakan CEO Ruang Guru dan Andi Taufan yang merupakan CEO PT Amartha Mikro Fintek berpotensi memanfaatkan posisinya sebagai Stafsus Presiden untuk mengambil keuntungan pribadi.

Toko Muda Bengkulu Rigen Sudrajat mengatakan, pengunduran diri Belva dan Taufan harus dijadikan bahan evaluasi bersama agar kedepannya jabatan staf khusus Presiden tidak kembali diisi orang yang sarat akan konflik kepentingan.

“Pengunduran diri dua Staf Khusus Presiden tersebut adalah momen baik untuk semua dalam mengevaluasi siapa yang cocok dalam posisi tersebut. Kedepannya kita harapkan agar posisi yang ditinggalkan dapat digantikan oleh orang yang tepat dan bebas dari konflik kepentingan,” ungkapnya.

Ketua Cabang GMNI ini menilai, sosok yang seharusnya didorong untuk mengisi posisi Staf Khusus Presiden yang kosong tersebut adalah orang yang tidak hanya cakap dalam mengemban tugas sebagai staf khusus, namun memahami situasi bangsa, berpengalaman dalam menilai kebijakan yang baik untuk masyarakat dan dekat dengan rakyat.

“Masuknya nama Chriman Damanik dalam jajaran nama sosok pengganti staf khusus presiden adalah kabar baik,” jelasnya.

Rigen menilai, adanya nama Chriman Damanik selain telah mumpuni untuk mengemban tugas yang ditinggalkan Belva dan Andi saat ini. Ia menyebutkan bahwa Chrisman Damanik memiliki kompetensi, integritasn dan berpengalaman.

“Bung Chrisman selain pengusaha beliau juga memiliki pengalaman sebagai aktivis mahasiswa yang kerap turun kepada rakyat kecil hingga akhirnya menduduki Jabatan Ketua Presidium GMNI periode 2015-2017,” terangnya.

Tidak itu saja, ia mempunyai semangat yang tinggi dalam membantu masyarakat kecil juga diteruskan dalam aktivitas advokasi hukum melalui LBH Trisakti.

“Kami yakin dengan segala kompetensi yang dimilikinya, beliau bisa memberi sumbangsih positif bagi Pak Jokowi dan juga bagi masyarakat Indonesia” tegasnya. [Soprian]