Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong Mustarani Abidin

PedomanBengkulu.com, Lebong – Kendati pun masih dalam wilayah Zona Hijau pandemi Covid-19, Bupati Lebong H Rosjonsyah tetap mengintruksikan agar wajib menggunakan masker diluar rumah. Apalagi sesuai anjuran WHO, penggunaan masker merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Untuk itu, seluruh ASN dan masyarakat diminta selalu menggunakan masker berbahan kain yang bisa dicuci. Karena masker bedah atau jenis N95 hanya untuk petugas medis.

“Semua harus menggunakan masker ketika keluar dari rumah. Tapi perlu diketahui juga, masker bedah atau masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Bagi masyarakat bisa gunakan masker berbahan kain, bisa dicuci. Karena ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu, virus ini bisa menyerang siap saja, apalagi siapa saja bisa terkena tanpa mengalami gejala yang bisa didapatkan diluar rumah,” imbau Rosjonsyah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong Mustarani Abidin menambahkan, sesuai laporan dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lebong, data warga yang sudah Di-screening terus meningkat. Bahkan per Senin (6/4/2020), data warga yang sudah Di-screening sudah mencapai 418 orang dan masuk dalam status ODP sebanyak 5 orang.

“Pentingnya penggunaan masker ini untuk upaya pencegahan, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu, kita minta kerjasama Kades, Lurah dan Camat untuk terus mensosialisasikan kepada warganya. Termasuk juga warga mereka yang saat ini dalam Isolasi mandiri, untuk tetap dirumah saja,” pungkasnya.[Supriyadi]