PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Di tengah merebaknya kasus Covid-19 atau Virus Corona, hingga saat ini orang yang masuk ke daerah Provinsi Bengkulu masih cukup banyak.

Tercatat hingga kini, Selasa (7/4/2020), sebanyak 13.887 orang yang teregistrasi masuk ke daerah Provinsi Bengkulu.

“Orang masuk ke Provinsi Bengkulu masih cukup tinggi. Hingga hari ini tercatat sudah sebanyak 13.887 orang yang teregistrasi masuk ke daerah Provinsi Bengkulu. Data ini artinya yang masuk ke Provinsi Bengkulu ini masih cukup tinggi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni saat Konferensi Pers di Kantornya.

Herwan Antoni menegaskan, aktivitas kegiatan posko-posko di perbatasan, baik bandara dan sebagainya melakukan pemeriksaan rutin dan optimal.

Selain itu, identifikasi terhadap orang yang masuk ke Provinsi Bengkulu terus dilaksanakan agar dapat disampaikan secara berjenjang hingga tingkat Kecamatan Kelurahan atau Desa dan RT maupun RW.

Herwan Antoni menerangkan, jika dilihat dari peta penyebaran kondisi konfirmasi berada di Kota Bengkulu dan yang lainnya masih dalam posisi hijau.

“Kemudian kalau kita lihat perkembangan kasus dari waktu ke waktu kita lihat bahwa kasus kita ini untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP)-ODP ini tidak terjadi perubahan yang begitu signifikan dalam kategori normal, mudah mudahan ini dapat kita pertahankan dan kita halau,” ucap Herwan Antoni.

Dilansir sebelumnya, secara nasional jumlah kasus konfirmasi sebanyak 2738 orang. Meninggal 221 orang, sembuh 204 orang penyebaran di 32 Provinsi. Sementara perkembangan terbaru di Provinsi Bengkulu ada penambahan 23 kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 2 orang PDP dengan total kasus sebanyak 25 orang.

Total kasus ODP ada 483 orang, ODP dinyatakan sehat selesai pemantauan 212 orang. ODP yang meninggal 1 orang. ODP menjadi PDP 1 orang. ODP yang masih pemantauan 269 orang. Dua kasus penambahan PDP yakni 2 orang dari Kabupaten Mukomuko. Dan kini total PDP 14 orang. Kasus PDP dinyatakan sehat 2 orang.

PDP menjadi konfirmasi 2 orang, dan yang meninggal 4 orang dan sedangkan yang masih dalam pengawasan sebanyak 6 orang. Dua orang pengawasan mandiri,1 orang dari Bengkulu Tengah dan 1 dari Kota Bengkulu, 1 orang di RSUD Hasanudin Damrah Manna dan 3 orang di RSUD Mukomuko.

Dua PDP tersebut yakni satu orang laki-laki 14 tahun asal Kabupaten Mukomuko, gejala klinis demam dan bantuk. Yang bersangkutan 2 minggu lalu pernah berpegian dari Medan sekarang dirawat di RSUD Mukomuko.

Kemudian, perempuan 19 tahun asal Kabupaten Mukomuko, gejala klinis demam, sesak nafas, muntah, pneumonia pernah berpegian dari Padang sekarang dirawat di RSUD Mukomuko.
Hingga saat ini total kasus ODP dan PDP 497 orang, sedangkan kasus konfirmasi Covid-19 sebanyak 2 orang. [Anto]