PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dalam rangka turut serta meringankan beban sosial masyarakat ditengah pandemi Covid-19, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu bersama Komisi IX DPR RI menyalurkan bantuan sembako kepada pasangan usai subur (PUS), Selasa (19/5), di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Gading Cempaka.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Ir. Rusman Efendi mengatakan, “Sembako yang disalurkan berupa beras, minyak goreng serta gula pasir dengan total 1000 paket yang akan diserahkan kepada 1000 peserta KB dan PUS di Provinsi Bengkulu,” jelasnya.

Selain paket sembako, dalam rangka turut serta mencegah penyebaran Covid-19, dikesempatan ini BKKBN Provinsi Bengkulu bersama Komisi IX DPR RI juga menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, baju hazmat serta sarung tangan (hanscoem) untuk para bidan mandiri dan Masker medis dan non medis serta hand sanitizer untuk petugas KB.

“Tenaga bidan merupakan mitra BKKBN yang sangat strategis sehingga perlu diperhatikan atau difasilitasi dengan APD berupa masker dan sarung tangan, guna melindungi diri mereka ketika melakukan pelayanan KB dalam rangka mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu.

Berdasarkan pantauan PedomanBengkulu.com, pada kesempatan ini Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu juga mensosialisasikan program ‘Bangga Kencana’ dalam rangka mengajak pasangan usia subur untuk menunda kehamilannya selama pandemi.

Dilain sisi, anggota Komisi IX DPR RI, Elva Hartati juga menghimbau masyarakat khususnya PUS di Bengkulu untuk mencegah 4T, yaitu Terlalu Sering Melahirkan, Terlalu Muda Usia Saat Melahirkan, Terlalu Tua Usia Saat Melahirkan, serta Terlalu Banyak Melahirkan.[Kucir.06/ADV]