Hj Riri Damayanti John Latief

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Seluruh daerah di Indonesia terus berjuang melawan Covid-19 yang angkanya terus menunjukkan tren meningkat setiap hari. Pemerintah belum bisa memastikan kapan penambahan kasus tersebut akan berakhir.

Anggota DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, alih-alih mencari tahu kapan virus ini akan berakhir, pemerintah hendaknya terus berkonsentrasi dalam melakukan antisipasi munculnya kasus baru dan penanggulangan terhadap mereka yang terjangkit.

“Yang paling penting sekarang adalah bagaimana menyelamatkan yang sudah terjangkit jangan sampai meninggal dan yang belum terjangkit jangan sampai terjangkit. Berikan perhatian khusus kepada warga lanjut usia dan anak-anak,” kata Riri Damayanti, Selasa (5/5/2020).

Anggota Kaukus Perempuan Parlemen RI ini menjelaskan, salah satu negara yang telah menunjukkan keberhasilan dalam mengendalikan Covid-19 adalah Tiongkok.

“Tiongkok menerapkan lockdown di kota-kota terdampak parah, melakukan respon secara kolektif dan terkoordinasi dalam menanggulangi wabah, mengerahkan rakyat dan tenaga medis untuk kompak berjuang bersama. Ini hal-hal yang patut diteladani agar Indonesia juga bisa berhasil,” ungkap Riri Damayanti.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini mengungkapkan, prediksi pakar sebagaimana yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bahwa penyebaran virus corona berakhir pada Juni 2020 bisa saja benar-benar terwujud.

“Ini tantangan bersama, bukan hanya Gugus Tugas. Salah kalau ada yang bilang tenaga medis merupakan kelompok penentu dalam keberhasilan penanganan Covid-19. Yang paling menentukan justru kesadaran masyarakat. Saya yakin, jangan kan Juni 2020, Covid-19 bahkan bisa lebih cepat lagi ditangani bila setiap orang memiliki kedisiplinan tinggi dalam mencegah penularan Covid-19 sejak hari ini. Meski tenaga medis kita hebat-hebat, selama penularan virus masih terjadi di tengah-tengah masyarakat, masalah Covid-19 ini masih akan lama tuntas,” tegas Riri Damayanti.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini menambahkan, penanggulangan pandemi Covid-19 ini bukan hanya membutuhkan sinergi dan kekompakan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah, namun juga antara pemerintah dengan rakyat.

“Masyarakat harus paham seperti apa cara pemerintah dalam menanggulangi wabah sehingga masyarakat juga bisa ikut ambil bagian. Harus ada optimisme di tengah-tengah masyarakat bahwa pemerintah mampu dalam mengatasi wabah ini,” demikian Riri Damayanti. [Muhammad Qolbi]