PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Menanggulangi dampak Covid-19, sebanyak 77 KK berhak menerima Bantaun Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) desa Talang Donok kecamatan Bang Haji kabupaten Bengkulu Tengah. Minggu Pagi (31/05/2020) disalurkan secara tunai kepada penerima.

Jon Kanedi selaku Kepala Desa (Kades) desa Talang Donok menjelaskan, untuk warganya desa Talang Donok. Ada 77 KK penerima BLT-DD sebesar Rp600.000/KK selama tiga bulan ke depan yang dimulai dari April, Mei hingga Juni mendatang.

Penyaluran BLT-DD desa Talang Donok sendiri sesuai acuan yang tercantum dalam Permendes No. 6 Tahun 2020.

“Dari hasil Musdes, ada 77 penerima dan Alhamdulillah warga kita hampir semua KK mendapatkan bantuan. Baik itu BST, BPNT, PKH atau yang lainnya dan bantuan BLT-DD. Terkecuali warga kita yang tercatat sebagai ASN ataupun perangkat desa,” jelas Jon saat ditemui PedomanBengkulu.com.

Jon Kenedi juga menerangkan, Kegiatan yang diadakan di kantor desa Talang Donok ini, berjalan lancar sesui protokoler Covid-19 dengan menyiapkan tempat cuci tangan, mengecek suhu tubuh setiap undangan hadir, menggunakan masker serta mengatur jarak. Demi kewaspadaan penyebaran wabah Covid-19 yang saat ini sangat menghawatirkan.

“Kita tegaskan kepada penerima BLT-DD desa Talang Donok, dalam penerimaan mereka wajib mengikuti protokoler Covid-19. Yang mana setiap undangan kita wajibkan menggunakan masker dan melakukan cuci tangan sampai dengan mendeteksi suhu tubuh,” tegasnya.

Selain itu Pemdes desa Talang donok, juga melaksanakan rapat pra-pelaksanan dana desa tahun 2020.

“Membahas pengalihan terkait anggaran pelaksanan kegiatan baik itu untuk pembangunan maupun antisipasi dampak Covid-19 yang saat ini menjadi polemik di setiap daerah,” pungkas Jon Kenedi. [Hendri]