Ilustrasi

Update covid-19 per 28 Mei 2020, Total 24.538 kasus

Wabah covid-19 di Indonesia masih mengalami peningkatan. Terhitung pada 28 Mei 2020 terdapat penambahan kasus positif sebanyak 687 kasus, sehingga total kasus positif di Indonesia menjadi 24.538 kasus.

“Kasus konfirmasi positif Covid-19 hari ini 687 kasus, sehingga totalnya 24.538 orang,” ujarnya, dalam keterangan secara daring dari gedung BNPB, Jakarta, Kamis (28/5).

Selain itu, kasus sembuh bertambah 183 orang. “Sehingga totalnya menjadi 6.240 orang,” imbuh Yuri.

Kasus korban meninggal akibat Covid-19 juga bertambah 23 kasus. “Sehingga totalnya menjadi 1.496 orang,” katanya.

Sehari sebelumnya, Rabu (27/5), kasus Corona mencapai 23.851 orang. Sebanyak 1.473 pasien di antaranya meninggal dan 6.057 pasien dinyatakan sembuh.

Di tengah pandemi Virus Corona dengan jumlah kasus yang terus meningkat, Pemerintah sudah menggaungkan rencana pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan new normal. Salah satu tujuannya, menggerakkan kehidupan perekonomian.

Sementara, Bappenas dan Gugus Tugas Covid-19 berulangkali menyebut sejumlah syarat ketat pembukaan aktivitas perkonomian. Di antaranya, kasus Corona mesti turun dulu 50 persen selama dua pekan berturut-turut.

Ketua DPR Puan Maharani pun meminta pemerintah tidak terburu-buru menyusun protokol new normal, “sehingga tidak matang dan malah memunculkan kebingungan baru di masyarakat”.

Puan mengatakan protokol itu harus dirumuskan secara rinci. Sehingga penerapan new normal tidak justru membuat rakyat kebingungan.

“Jangan sampai teknis protokolnya disiapkan secara terburu-buru sehingga tidak matang dan malah memunculkan kebingungan baru di masyarakat,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Rabu (27/5).

Puan mengingatkan berbagai ketentuan yang diwajibkan WHO sebelum menerapkan new normal. Misalnya kemampuan negara mengendalikan transmisi virus corona, kemampuan rumah sakit melakukan pengujian sampel, dan kemampuan rumah sakit dalam menangani setiap kasus baru. [Suci Kusuma]