Tampak Camat, Kades dan Masyarakat gotong royong memperkuat blokade jalur tikus di Desa Tik Tebing

PedomanBengkulu.com, Lebong – Dukungan nyata masyarakat agar Kabupaten Lebong tetap menyandang status zona hijau Covid-19 begitu besar. Hal itu terlihat ketika mereka mengetahui jalan tikus yang bisa dijadikan jalur alternatif masuk ke Kabupaten Lebong melalui jalur Desa Tik Tebing menuju Trans Pelabai. Camat Lebong Atas Gunawan dan Kepala Desa Tik Tebing Kulman Jaya, dibantu masyarakat bersama menutup akses keluar masuk melalui jalan alternatif tersebut. Berdasarkan informasi yang berkembang, jalur alternatif tersebut hanya bisa digunakan dengan kendaraan roda dua sekaligus menghindari ketatnya pengawasan di Pos perbatasan di Depan Makoramil Lebong Atas Desa Tik Tebing.

Untuk menutup akses alternatif tersebut, Sabtu (23/5/2020) masyarakat gotong royong menutup jalan dengan memasang portal jalan menggunakan batang kayu besar dan pohon-pohon yang ditebang langsung ke jalan tersebut. Bukan hanya satu titik, pemblokadean jalur alternatif itu dipasang di tiga titik.Camat Lebong Atas, Gunawan menyampaikan bahwa pemblokadean jalan itu sendiri yang kelima kalinya. Setiap dirusak selalu dipasang kembali.

“Ini yang kelima kalinya, karena setiap dirusak kita bersama masyarakat memasangnya kembali,” ucap Gunawan Sabtu (23/5/2020) siang.

Dikatakan Gunawan, pemblokadean jalur Tik Tebing ini dilakukan karena jalur di Trans Pelabai ternyata masih bisa dilewati melalui jalur kebun warga. Dengan penutupan akses jalan pertigaan Tik Tebing, tentunya mobilisasi masyarakat tidak bisa dilakukan lagi.

“Ada tiga titik kita pasang portal. Pertama dekat pertigaan, kedua di Jembatan kayu dan yang ketiga ditikungan diatas jembatan. Selain menggunakan kayu dipaku, kita juga menebang pohon besar langsung melintang dijalan,” jelasnya.

Kegiatan yang dilakukan pihaknya ini, lanjut Gunawan, sebagai langkah dukungan kepada Pemkab Lebong, Polri dan TNI yang sudah melaksanakan penjagaan ketat diperbatasan, untuk melindungi masyarakat Kabupaten Lebong tidak terhindar dari wabah virus Covid-19.

“Kami masyarakat Lebong Atas mendukung upaya Pemkab Lebong, Polri dan TNI menjaga Kabupaten Lebong tetap dalam zona hijau,” pungkasnya.[Supriyadi]