Pedomanbengkulu.com, Seluma – Aksi pencurian uang di kotak amal terjadi di masjid Raudhatul Jannah, kelurahan Talang Saling kecamatan Seluma. Pelaku membongkar kotak amal yang berada di masjid, dan menggasak uang tunai hasil sumbangan jemaah didalamnya sekitar pukul 03.00 dinihari (29/5/2020).

Aksi tersebut terungkap setelah jemaah dan pengurus masjid menemukan kotak amal sudah dalam kondisi dibongkar. Pengurus kemudian langsung melakukan pengecekan kamera pengintai (CCTV), dan benar saja saat dicek terlihat dua orang mengambil uang didalam kotak amal.

“Kemungkinan uang itu sekitar Rp.500 ribu, dan sudah satu minggu belum dicek, karena memang seminggu sekali dicek” jelas Sisman, pengurus masjid (30/5/2020).

Dijelaskan Sisman, aksi pencurian di masjid bukan kali pertama, dan sudah berulang kali terjadi.

“Ini sudah kelima kalinya, bukan kali ini saja” jelasnya.

Sementara itu Polsek Seluma yang mendapat laporan pencurian tersebut, langsung melakukan penyelidikan. Tak butuh waktu lama, petugas berhasil mengamankan tiga orang pelaku.

Tiga orang pelaku yang diamankan masing masing berinisial I-W (24), H-R (17) dan B-Z (23). Ketiga pelaku yang merupakan warga asal kecamatan Seluma Selatan berbagi peran, pelaku I-W dan H-R terekam CCTV mengambil uang, sedangkan B-Z menunggu diluar.

“Pelaku semuanya laki laki, awalnya kami mengira mereka perempuan, berdasarkan penampilan di CCTV” jelas Kapolsek Seluma, AKP. Agus Norman.

Saat ini pelaku terus menjalani pemeriksaan dk Mapolsek Seluma, untuk diproses lebih lanjut. Barang bukti juga sudah diamankan polisi.

“Uang sisa pencurian sebesar Rp.60 ribu, dan pakaian pelaku sudah kami amankan sebagai barang bukti” jelas Agus.

Pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (IT2006)