Pedomanbengkulu.com, Seluma – Pertemuan dilakukan Pemerintah Kabupaten Seluma, bersama tokoh masyarakat dari desa Dusun Baru kecamatan Ilir Talo, di Ruang Kerja Sekda Seluma, Selasa (19/5/2020). Pertemuan dilakukan dalam rangka mediasi terkait pemberhentian sekretaris dan perangkat desa Dusun Baru, yang dilakukan Kepala Desa.

Namun diketahui Kepala Desa tidak menghadiri undangan dari Pemkab Seluma dan hanya dihadiri oleh tokoh masyarakat desa. Asisten I Setdakab Seluma, Mirin Ajib menyatakan, kades harus mengembalikan jabatan perangkat desa yang sudah dicopot. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya surat Bupati yang menyatakan surat pemberhentian tidak sah, dan meminta pengaktifan kembali jabatan Sekdes beserta perangkat.

Mirin menyatakan, pihaknya memberikan teguran administratif terhadap Sekdes, agar segera menjalankan keputusan yang sudah dikeluarkan Bupati Seluma.

“Sesuai aturan maka harus dikembalikan jabatan perangkat desa tersebut, sesuai surat dari Bupati. Jika tidak diindahkan, sanksinya kades akan diberhentikan sementara,” jelas Mirin.

Ditambahkan Mirin, aturan tersebut juga berlaku untuk tiga kepala desa di kecamatan Semidang Alas Maras, yang juga memberhentikan perangkat desa.

“Sama, kami berikan teguran juga, agar tidak memberhentikan perangkat,” jelas Mirin.

Saat ini Pemkab Seluma terus melakukan upaya mediasi, agar perselisihan diantara kades dan perangkat segera diakhiri, dan jabatan perangkat dikembalikan. [IT2006]