Pedomanbengkulu.com, Seluma – Masjid Nurul Hidayah yang beralamatkan di jalan lintas Bengkulu-Manna, desa Jenggalu kecamatan Sukaraja tetap melaksanakan salat id berjemaah (24/5/2020) pagi. Dari pantauan jemaah sudah mulai mendatangi masjid sebeluk pukul 06.00 pagi, dan pada pukul 06.15 salat id digelar.

Pelaksanaan saat id berjemaah diikuti puluhan warga, yang datang ke masjid menggunakan masker. Masjid menerapkan pembatasan jarak sejak awal masuk masjid, salat id, hingga penyampaian khutbah. Usai melaksanakan salat, jemaah tidak melaksanakan jabat tangan untuk menghindari penularan Covid-19.

Imam masjid Nurul Hidayah, Serain menyatakan, pihaknya tetap melaksanakan salat id berjemaah karena banyak warga yang memang masih menginginkan salat berjemaah.

“Masyarakat masih menginginkan untuk melaksanakan salat id berjemaah, jadi tetap kami laksanakan di masjid. Tetapi kami tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah, dan melakukan pembatasan antar jemaah didalam masjid” jelas Serain.

Ditambahkan Serain, sejak sebelum pelaksanaan, pihaknya tidak menganjurkan masyarakat untuk salat id di masjid.

“Kami menganjurkan masyarakat untuk tetap melaksanakan salat id di rumah, sebagaimana yang diimbau pemerintah” jelasnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, salat id tidak hanya dilaksanakan di masjid Nurul Hidayah desa Jenggalu. Sejumlah masjid lain mulai dari perbatasan kelurahan Babatan, hingga ke wilayah kecamatan lain juga tetap melaksanakan salat berjemaah. Padahal sebelumnya pemerintah daerah telah melakukan sosialisasi dan koordinasi, agar pelaksanaan salat id dilakukan di rumah.(IT2006)