PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu Jaduliwan menyebutkan, hari ini ada lima orang pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

“Pasien konfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh hari ini bertambah menjadi lima orang yaitu, kasus nomor 03, 04, 14, 25 serta kasus 33,” sebut Jaduliwan, saat virtual update perkembangan kasus Covid-19 Provinsi Bengkulu, pada Rabu (27/05/2020).

Sehingga, lanjutnya, total keseluruhan pasien positif Covid-19 yang sembuh berjumlah 14 orang.

“Yang sembuh dari Covid-19 berjumlah 14 orang, sedangkan kasus terkonfirmasi hingga hari ini tidak ada penambahan masih tetap 69 orang,” jelasnya.

Saat ini sambungnya, untuk kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada penambahan empa orang. Empat orang tersebut rinciannya, dua orang dari Kota Bengkulu, satu orang dari Kabupaten Seluma serta satu orang berasal dari Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Ke empat orang PDP tersebut hasil Rapid test- nya reaktif dan sudah dilakukan pengambilan uji swab dan saat ini menunggu hasilnya,” kata Jaduliwan.

Keempat PDP itu, jelasnya, ada satu orang PDP yang telah meninggal dunia kemarin dan telah dimakamkan sesuai protrokol Covid-19.

“Jadi total PDP kita hari ini sebanyak 46 orang. PDP yang dinyatakan sehat 11 orang, serta PDP masih proses pengawasan 15 orang dan PDP meninggal dunia berjumlah 16 orang,” katanya.

Sedangkan untuk kasus ODP, ada tambahan satu orang yang berasal dari Kabupaten Kepahiang.

“Total ODP saat ini berjumlah 751 kasus, selesai pemantauan 683 orang, masih dalam pemantauan 68 orang dan ada satu orang penambahan ODP dari Kabupaten Kepahiang,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, jumlah sampel yang telah diperiksa sebanyak 762. Jumlah sampel positif 69 serta masih proses pemeriksaan 155 sampel.

“Jumlah pemeriksaan swab di Labkesda Provinsi Bengkulu hari ini 22 sampel,” sebutnya.

Jaduliwan juga menyampaikan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus mengimbau masyarakat untuk tetap melakukan kegiatan sesuai protokol kesehatan guna menghindari penyebaran Covid-19.

“Kami meminta masyarakat Bengkulu untuk tetap disiplin mengikuti aturan pemerintah untuk tetap memakai masker guna mengurangi penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat,” imbaunya. [Soprian]