Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Tengah – Kepala desa Sekayun, Haryono membagikan bantuan langsung tunai dari dana desa tahap satu secara transparan. Dari 230 KK warga Desa Sekayun, 122 KK berhak menerima BLT-DD yang diputuskan Pemdes sekayun melalui musyawarah desa dan pencocokan data dengan penerima Bansos PKH, BPNT, BST atau bantuan lain yang disalurkan baik dari kementerian sosial dan dinas sosial kabupaten Bengkulu Tengah.

Haryono Kepala Desa (Kades) desa Sekayun Kecamatan Bang Haji Bengkulu Tengah beserta perangkat dan BPD, Rabu (10/06/2020) membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat yang berhak mendapatkan dan sudah terdata sesuai Permendes nomor 06 Tahun 2020 yakni sebesar Rp600.000/KK selama tiga bulan.

Turut hadir dalam pembagian secara tunai BLT-DD desa Sekayun; Iswahyudi, Camat Bang Haji beserta sekcam Siswandi, Babinmas dan Babinkantibmas, Pendamping Lokal Desa beserta Pendambing Kecamatan. Dijelaskaan Haryono saat menyampaikan sambutannya, BLT-DD untuk desa Sekayun sebanyak 122 dan dua orang mengundurkan diri sebagai penerima.

“Dari 122 ada 2 penerima mengundurkan diri, yakni atas nama Irawan Saputra dan H.Ros sehingga kuota menjadi 120 KK. 2 warga ini dengan alasan yang akurat, mempersilakan melakukan penyaluran dengan orang yang lebih membutuhkan. sedangkan untuk pendataan selain penerima bansos lain, dari anggaran BLT-DD 25% itu masih mencukupi. Maka dari itu untuk BLT-DD kita salurkan secara merata agar masyarakat mendapat hak yang sama.” terang Haryono.

Disamping itu Camat Bang Haji Iswahyudi juga menjelaskan, penyaluran BLT-DD selain Permendes no 06, juga dapat diputuskan melalui musyawarah desa yang dilaksanakan oleh Pemdes dan kewenangan-keweangan yang ada di suatu daerah atau desa.

“Untuk penyaluran sendiri, Pemdes lebih mengetahui tupoksi di desanya. Asalkan hasil dari musdes sudah ada kesepakatan dan pengesahan, itu sudah hal yang wajar.” tegas Camat Bang Haji Iswahyudi.

Kegiatan yang diadakan langsung di kediaman Haryono ini, berjalan hikmat dan aman. Masyarakat Sekayun juga diberikan himbauan oleh TNI-POLRI agar tetap menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari penyebaran wabah Covid-19. Dan bantuan BLT-DD dapat digunakan sebaik mungkin untuk membeli berbagai bahan pokok. [Hendri Suwi]