Pedomanbengkulu.com, Seluma – Tiga orang kepala desa di Seluma, yakni Kepala Desa Padang Kelapo, Ujung Padang, dan Gunung Kembang Kecamatan Semidang Alas Maras terancam diberhentikan pada Kamis (18/6/2020). Pasalnya hari ini merupakan batas waktu terakhir tiga kepala desa tersebut untuk mengindahkan peringatan Bupati Seluma.

Tiga kepala desa tersebut diketahui belum melakukan pengaktifan kembali perangkat desa, yang sebelumnya sudah mereka berhentikan. Padahal Pemkab Seluma sudah menyatakan keputusan tersebut melanggar Perda dan Permendagri.

“Ada informasi bahwa kepala desa tersebut akan menuruti keputusan dari Bupati, maka dari itu kita tunggu hari ini. Kalau tidak juga besok kita lakukan (pemberhetian)” jelas Sekda Kabupaten Seluma, Irihadi, Kamis (18/6/2020).

Sementara itu terkait laporan yang sudah dilayangkan kepala desa ke Ombudsman, pihaknya menyatakan sudah memberikan jawaban.

“Semuanya sudah kita berikan jawaban, kami bukan tidak senang dengan kepala desa, tetapi kami menginginkan kepala desa dalam melaksanakan pemerintahan desa itu dapat mengikuti peraturan yang berlaku,” jelas Irihadi.

Irihadi juga kembali menegaskan, pemberhentian perangkat desa oleh kepala desa tidak bisa sembarangan dilakukan, apalagi jika melanggar peraturan yang berlaku.

“Kalau kepala desa itu memberhentikan perangkat desa tanpa alasan yang jelas, itu bisa menjadikan permasalahan kepada kepala desa. Kalau Pemkab tidak mengingatkan itu, seakan akan pemerintah ini melakukan pembiaran,” jelas Irihadi. [IT2006]