Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Utara – Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian memulai titik nol pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recyle (TPS 3R) di Desa Rama Agung, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Jumat (19/6/2020).

Pembangunan TPS 3R merupakan program pengolahan sampah rumah tangga, yang nantinya bisa dimanfaatkan kembali. Baik dijadikan pupuk, pakan atau olahan sampah lainnya.

“Pembangunan TPS 3R ini, konsepnya adalah swakelola pemberdayaan tentunya punya nilai strategis bahwa masyarakat ikut bekerja dan ikut rasa memiliki. Selanjutnya nanti pengelolaannya dikelola oleh masyarakat desa setempat. Apa itu bentuk Bumdes atau kelembagaan lainnya,” terang Mian.

Ia menambahkan, setelah ini nanti Pemerintah Daerah Bengkulu Utara akan melengkapi infrastruktur TPA yang ada di Kecamatan Kota Arga Makmur, yakni pembangunan PDU (Pusat Daur Ulang) yang sudah di anggarkan dari pusat untuk daerah.

“Karena ini merupakan bantuan langsung dari pemerintah pusat dan bukan anggaran rofocusing daerah. Maka secepatnya akan dibangun PDU tersebut di Arga Makmur,” pungkas Bupati Bengkulu Utara.[Sugeng/Rilis]