Walikota Helmi Hasan mendorong kursi roda baru milik Farid Dwi Anggara Putra (7) di Balai Kota Bengkulu di tengah peringatan Hari Lahir Pancasila, Senin (2/6/2020).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Bertepatan dengan momentum Hari Lahir Pancasila Walikota Bengkulu Helmi Hasan berbagi kebahagiaan kepada masyarakat penyandang disabilitas. Sebanyak 11 kaum difabel mendapat bantuan dari Pemkot Bengkulu melalui Baznas Kota Bengkulu.

Salah satu warga Kelurahan Betungan Yurike (28) tampak bahagia saat ikut mendorong kursi roda anaknya, Farid Dwi Anggara Putra (7) menuju mobil ambulan.

Disampaikan oleh Yurike Ibunya Farid Dwi Anggara Putra penyandang disabilitas menyampaikan ribuan terimakasih kepada walikota Bengkulu Helmi Hasan,

“Dimomentum Hari Lahir Pancasila anak saya beserta penyandang disabilitas lainnya (11 orang) mendapat bantuan kursi roda serta berupa sembako, uang tunai dan masker,” jelas Yurike, ibunda dari Farid Dwi Anggara Putra, salah seorang penyandang disabilitas, Senin (1/6/2020).

Yurike menjelaskan, kursi roda itu memang sangat dibutuhkan oleh Farid, karena ia tidak bisa berjalan normal sejak ia lahir seperti anak pada umumnya.

“Terima kasih Pemkot Bengkulu, walikota dan Baznas atas bantuan dan kepeduliannya terhadap warga disabilitas terkhusus kepada anak kami yang merupakan salah satu disabilitas. Harapan kami, pemerintah juga bisa membantu biaya sekolah anak kami nanti,” kata Yurike.

Ditempat yang sama kebahagiaan juga dirasakan oleh Neti Kurnia (44) warga Kelurahan Rawa Makmur yang juga mendapatkan bantuan.

“Alhamdulillah kami sangat senang sekali atas apresiasi dari Pemkot Bengkulu melalui Baznas yang telah berikan kami perhatian besar kepada kami supaya kami bisa mandiri dan kami berharap program ini juga bisa membantu teman-teman kami yang ada di daerah (kabupaten). Jadi kalau pak walikota nanti jadi gubernur semoga program seperti ini juga dilakukan di daerah agar teman-teman kami bisa juga merasakan kebahagiaan seperti kami saat ini,” tutur Neti.

Tidak itu saja Pemkot Bengkulu juga memberikan satu unit mobil ambulan yang dananya dari APBD Kota Bengkulu khusus untuk disabilitas.

“Mobil Ambulance ini diberikan khusus untuk penyandang disabilitas di Kota Bengkulu,” kata Helmi.

Helmi Hasan juga akan melakukan pendataan kaum disabilitas di Kota Bengkulu dari yang mudah hingga lansia

“Kedepannya kita akan melakukan pendataan penyandang disabilitas di Kota Bengkulu, untuk yang muda tidak memiliki pekerjaan akan diberikan modal usaha non tunai, sedangkan yang lansia akan diberikan santunan setiap bulan,” katanya.

Ditempat yang sama Ketua Baznas Kota Bengkulu Habib Alkaf mengatakan sengaja memberikan bantuan itu di hari lahir Pancasila.

“Karena sesuai dengan nilai-nilai pancasila, keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia,” katanya.

Dimomentum ini juga hadir Waka I DPRD Kota Bengkulu Marliadi, Ketua BazNas Habib Alkaf, Plt Kadinsos Bujang HR dan Kadis Kominfosan Eko Agusriyanto. [Soprian]