PedomanBengkulu.com, Seluma – Massa pendukung kepala desa Padang Kelapo, Ujung Padang, dan Gunung Kembang kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) disebut akan merencanakan aksi di Kantor Pemkab Seluma. Menanggapi hal tersebut Bupati Seluma tidak mempermasalakan jika ada warga yang hendak melaksanakan aksi.

Bundra Jaya mengatakan, penyampaian pendapat merupakan hak semua orang. Kendati demikian dirinya menyatakan akan tetap pada keputusannya, memberhentikan sementara tiga kepala desa tersebut.

“Jika mereka mau melaksanakan aksi silakan saja, itu hak mereka, dan sesuai peraturan yang ada. Tetapi saya tetap kepada keputusan tersebut, karena sudah sesuai aturan” jelas Bundra Jaya (30/6/2020).

Sementara itu Bundra tetap menyarankan kepada kepala desa, agar melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), jika menolak keputusan pemberhentian sementara. Ia pun siap mematuhi apapun putusan yang akan dikeluarkan pengadilan.

“Silakan gugat ke PTUN, nanti kita sama sama lihat bagaimana putusannya. Jika memang keputusan yang kami buat salah, kami siap mengikuti” jelas Bundra.

Seperti diketahui sebelumnya, Bupati Seluma telah memberhentikan sementara tiga kades tersebut selama tiga bulan. Ini karena ketiga kades enggan mengikuti keputusan Bupati, agar kembali mengaktifkan perangkat desa yang sudah mereka berhentikan. Pemberhentian tersebut disebut Pemkab Seluma tidak sesuai aturan dan tidak memiliki alasan yang jelas. [IT2006]