Silaturahmi antar pemuda di Masjid Al-Hafizh Pantai Panjang Kota Bengkulu

Mengambil tempat di Masjid Al-Hafizh Taman Bonsai Anggut Bawah, Risma/Laskar Masjid Agung At-Taqwa membuat sebuah Usaha Memakmurkan Masjid (UMM) untuk mencegah terjadinya kemaksiatan di area destinasi favorit masyarakat Kota Bengkulu, Pantai Panjang.

Imam Masjid Al-Hafizh, Muhammad Dawam mengatakan, pada beberapa pekan terakhir, pengurus masjid telah mengupayakan adanya salat berjamaah lima waktu, belajar dan mengajar hadist, silaturahmi ke tetangga-tetangga masjid, dan lain-lain.

“Kemarin dalam musyawarah bersama Risma At-Taqwa pengurus kembali membuat sebuah program taklim UMM masail atau pembahasan tentang fiqih Islam dengan menghadirkan Ustaz Muhammad Asfahani, imam Masjid Agung At-Taqwa. Acara ini bebas dan terbuka untuk umum,” kata Muhammad Dawam, Jumat (26/6/2020).

Kegiatan tersebut, lanjutnya, akan digelar secara rutin setiap hari Ahad dimulai dari salat Ashar berjamaah. Para peserta yang hadir bisa melakukan tanya jawab mengenai bab apapun yang berkaitan dengan fiqih Islam.

“Kemudian insya Allah akan dilanjutkan dengan dakwah on the road, dimana akan ada sebagian kawan-kawan yang membawa kalam dakwah kepada para pengunjung Pantai Panjang untuk mengingatkan pentingnya ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala melalui amalan agama secara sempurna agar hidup bahagia di dunia yang sementara dan akhirat yang selama-lamanya,” ujar Muhammad Dawam.

Muhammad Dawam menekankan, Masjid Al-Hafizh merupakan masjid yang sangat strategis bagi para wisatawan untuk melaksanakan ibadah tepat waktu dan nyaman ketika berada di area Pantai Panjang.

“Masjid Al-Hafizh akan selalu berusaha untuk menghimpun anak muda hijrah yang punya pikir dan risau bagaimana seluruh masjid hidup amalan sebagaimana yang telah dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam,” demikian Muhammad Dawam.

Masjid Al-Hafizh terletak di tengah-tengah antara dua destinasi paling ramai di Pantai Panjang, yakni Sport Center dan Taman Pantai Berkas. Masjid ini diresmikan oleh Walikota Bengkulu H Helmi Hasan, beberapa waktu yang lalu.

Masjid Al-Hafizh menyediakan tempat wudhu dan kamar mandi yang bersih, juga kopi dan teh bagi jamaah yang ingin beristirahat sejenak untuk melepas lelah ketika berwisata di Pantai Panjang. [Muhammad Qolbi]