PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sebentar lagi di Kota Bengkulu akan ada Kampung Tangguh Nusantara, dan rencananya Kelurahan Sumberjaya Kecamatan Kampung Melayu yang menjadi project awal. Kampung Tangguh Nusantara ini merupakan gagasan Kapolres Bengkulu AKBP Pahala Simanjutak dan gagasan tersebut telah dibahas dalam Rapat Kordinasi (Rakor) antara Polres Bengkulu dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu di Mapolres Bengkulu, Kamis (11/6/2020).

Kapolres Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak mengatakan, Rakor yang dilaksanakan tersebut membicarakan pembentukan Kampung Tangguh Nusantara untuk mendapatkan satu persepsi, sehingga atara Polres dan Pemkot dapat berkolaborasi untuk mewujudkan Kampung Tangguh Nusantara. Untuk sementara ini masih proses pematangan konsep pembentukan Kampung Tangguh Nusantara dan setelah semua sepakat dan satu persepsi maka akan segera di launching.

“Dalam Rakor kita undang semua untuk membicarakan supaya kita satu persepsi sehingga bisa berkolaborasi untuk mewujudkan Kampung Tangguh Nusantara ini. Kita akan matangkan lagi konsepnya, baru nanti akan kita launching dan untuk nama Kampung Tangguh Nusantara sendiri nantinya akan menyesuaikan dengan kearifan lokal,” jelas Kapolres.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan usai mengikuti rakor tersebut mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung gagasan Kapolres Bengkulu karena menurutnya itu gagasan yang luar biasa dan perdana, Kota Bengkulu akan memiliki Kampung Tangguh Nusantara. Pihaknya akan menggerakkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Bengkulu untuk ikut mendukung agar gagasan tersebut dapat terwujud.

“Ini Kelurahan pertama dan jika ini berhasil akan di contoh kelurahan-kelurahan yang lain dan mudah-mudahan desa-desa lain dan masyarakatnya setempat sangat antusias, bersemangat untuk mewujudkan gagasan Pak Kapolres dengan menjadikan Kelurahan Sumber Jaya sebagai Kampung Tangguh Nusantara,” ungkap Helmi Hasan. [Anto/Adv]